Analisis Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Biznet Pada Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Roosita Cindrakasih UBSI

DOI:

https://doi.org/10.31294/jpr.v3i1.1027

Keywords:

Communication Strategy, Marketing Mix, Innovation, Direct Selling, Guerrilla Strategy

Abstract

Pandemic Covid- 19 telah merubah cara pandang manusia terhadap pentingnya menjaga Kesehatan, serta merubah cara berkomunikasi satu sama lain. Serta adanya pandemic Covid- 19 dalam aspek cara berpikir masyarakat terjadi perombakan cara berpikir secara sainstis dan gaya hidup. Seiring berjalannya waktu, warga yang terbatas keluar rumah harus memutar otak bagaimana tetap meneruskan aktivitas lewat dukungan akses internet. Pertumbuhan dan perkembangan akan kebutuhan jaringan internet di Indonesia selalu bertambah setiap tahunnya. Merunut dari data yang dipublikasikan oleh APJII ( Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pertumbuhan akan penggunaan internet pada tahun 2021 sebesar 200 juta pengguna dan akan terus bertambah kedepannya.

Biznet Networks adalah salah satu penyelenggara jasa internet yang memberikan pelayanan hampir diseluruh Indonesia meliputi Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dengan infrastruktur yang dibangun mandiri oleh perusahaan. Biznet dianggap berhasil memenangkan persaingan dengan menciptakan inovasi, pelopor pasar, serta strategi komunikasi pemasaran yang berbeda.

 

Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk diterapkan Biznet pada kondisi pandemi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma deskriptif serta pengumpulan data melalui observasi. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Biznet memiliki strategi komunikasi pemasaran yang berbeda dan unik selain penerapan 7P mix marketing strategy. Ada konsep pemasaran Direct selling dan strategi gerilya merupakan inovasi strategi komunikasi pemasaran Biznet. Penetapan pasar juga menjadi salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran. Dalam hal ini, internet rumahan dapat menjadi solusi inovatif bagi kebutuhan internet yang semakin meningkat

Downloads

Published

2022-04-04

Issue

Section

Articles