Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah PIK Dalam Pandangan Mahasiswa

Authors

  • Roosita Cindrakasih UBSI

Keywords:

Daring, Communication, Effectiveness

Abstract

Abstrak

Perkembangan pendidikan saat ini dipengaruhi oleh pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu teknologi informasi yang ikut berperan dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran Daring. Pembelajaran daring berfungsi sebagai penghubung antar pendidik dengan siswanya dengan jaringan internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Media daring yang digunakan subjek penelitian adalah bermacam- macam (WhatsApp, Google Classroom, Zoom, Website).

Dampak dari pandemi covid– 19 juga berimbas kepada pola dan cara pembelajaran dan perkuliahan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata kuliah Dasar- Dasar Publik Relation di Universitas Bina Sarana Informatika.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas komunikasi dalam pembelajaran daring. Metode yang dikumpulkan dalam pengumpulan data adalah tanya jawab kepada narasumber yaitu mahasiswa dan mahasiswi melalui WhatsApp. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Kemajuan teknologi memberikan dampak besar terhadap perkembangan pendidikan, para pendidik memanfaatkanya untuk mempermudah proses belajar mengajar serta meningkatkan kualitas pendidikan. Akhirnya, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daring selama pandemi covid-19, maka pendidik disarankan bisa memenuhi tujuh saran dari responden, yakni: (1) pembelajaran dilakukan melalui video call; (2) pemberian materi pembelajaran yang ringkas; (3) meminimalisir mengirim materi dalam bentuk video berat untuk menghemat kuota; (4) pemilihan materi dalam video harus berdasarkan kriteria bahasa yang mudah dipahami; (5) tetap memberikan materi sebelum penugasan; (6) memberikan tugas sesuai dengan jadwal pelajaran; dan (7) mengurangi tugas.

 

Kata kunci: Daring, Komunikasi, Efektifitas

 

Downloads

Published

2021-01-18

Issue

Section

Articles