Dampak COVID- 19 Terhadap Sosial Budaya Dan Gaya Hidup Masyarakat

Authors

  • Roosita Cindrakasih UBSI

DOI:

https://doi.org/10.31294/jpr.v2i2.385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sosial budaya atau gaya hidup masyarakat yang ditimbulkan dari merebaknya pandemic Covid- 19 yang telah menginfeksi manusia di seluruh belahan dunia. Dimana Virus Covid- 19 yang berasal dari kota Wuhan China telah bermigrasi keseluruh negara dibelahan dunia manapun termasuk Indonesia. Bahkan menurut data yang dikeluarkan oleh WHO, virus ini telah membunuh kurang lebih 300 ribu manusia diseluruh belahan dunia. Terkonfirmasi ada 28 ribu orang yang positif, 1500 meninggal di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif fenomenologi. Metode ini berusaha mengungkapkan begaimana perubahan kecil hingga perubahan besar lainnya yang diakibatkan oleh merebaknya pandemic Covid- 19. Dengan menggunakan Teori Sosial untuk menyelesaikan permasalahan Virus Covid- 19 ini.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pandemic Covid- 19 telah merubah cara pandang manusia terhadap pentingnya menjaga Kesehatan, serta merubah cara berkomunikasi satu sama lain. Serta dengan adana pandemic Covid- 19 dalam aspek cara berpikir masyarakat terjadi perombakan cara berpikir secara sainstis dan gaya hidup.

 

Kata Kunci : Pandemi, Covid- 19, Perubahan Gaya Hidup, Komunikasi Massa

Downloads

Published

2021-10-04