PENERIMAAN APLIKASI E-RAPORT PADA SMK BHAKTI KARTINI MENGGUNAKAN METODE TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31294/conten.v1i1.438

Keywords:

Peneriman, Aplikasi E-Raport, Technology Acceptance Model

Abstract

E-Raport merupakan sebuah aplikasi pengolah nilai siswa berbasis web yang saat ini tengah dikembangkan oleh SMK Bhakti Kartini diharapkan dapat meningkatkan kinerja bagi para guru dan staff. Sejauh ini, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi para guru dan staff sebagai user dalam penggunaan aplikasi E-Raport, sehingga diperlukan sebuah evaluasi dalam penggunakan aplikasi tersebut. Oleh karena itu, untuk mengetahui penerimaan guru dan staff terhadap keberhasilan pengimplementasian aplikasi E-Raport, maka perlu dilakukan evaluasi dengan menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model). Data yang didapat dari 30 responden yang merupakan para guru pengampu matapelajaran yang terdapat pada SMK Bhakti Kartini yang diperoleh dari pengisian melalui google form dan ditunjukkan dengan skala likert dan diolah menggunakan aplikasi SPSS, diperoleh hasil yang menunjukkan terdapat pengaruh signifikan antara kemudahan penggunaan dan kemanfaatan terhadap penerimaan aplikasi E-Raport. Dengan nilai korelasi sebesar 0,739 hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan dan kemanfaatan berpengaruh 54,6% kepada penerimaan guru dan staff terhadap aplikasi E-Raport.

References

Aji, R. P., Puspitasari, D. A., & Mudrikah, Y. (2017). Analisis Penerimaan Mahasiswa Terhadap Sistem Skripsi Online Stmik Amikom Purwokerto Dengan Metode Technology Acceptance Model, 238–243.

Bunga, K., Hardiani, I., Anggadwita, G., Prodi, S., Manajemen, M., & Telekomunikasi, B. (2016). Analisis Identifikasi Rancangan Mobile Application Untuk Menunjang Keberhasilan Berwirausaha Masyarakat, 3(2), 990–994.

Danuri, M. (2019). Perkembangan Dan Transformasi. Infokam, 116–123.

Oktofiyani, R., & Anggraeni, W. (2016). Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model ( Tam ) Study Kasus Siswa / I Kelas X Di Smu Negeri 92 Jakarta, (1), 46–53.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarlinda, S. (2015). Implementasi Kartu Rencana Studi Berbasis Web Dengan Technology Acceptance Model (Studi Kasus Stmik Duta Bangsa Surakarta), 8(April).

Downloads

Published

2021-06-21

Issue

Section

Articles