PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ABSENSI PEGAWAI BERBASIS WEB PADA ELAUNDRY

Authors

  • Nurlaelatul Maulidah Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/conten.v2i2.1646

Keywords:

sistem informasi, absensi pegawai, berbasis web

Abstract

Absensi kehadiran pegawai merupakan faktor penting bagi sebuah instansi atau perusahaan sebagai penunjang yang sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja dalam mencapai tujuan, hal ini berkaitan dengan kedisiplinan dan berdampak pada kinerja dari masing-masing pegawai. Selain itu, Absensi dan ketepatan waktu kehadiran sering kali digunakan sebagai salah satu indikator dalam penilaian kinerja pegawai. Oleh karena itu, perlu adanya pendataan khusus untuk mencatat absensi kehadiran pegawai agar aktifitas kerja dapat tercatat secara dengan baik. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencapai pendataan absensi yang baik, salah satunya menggunakan teknologi komputer dimana penerapannya dengan aplikasi absensi berbasis website. Pada eLaundry sistem yang digunakan dalam proses absensi masih manual yaitu dengan menggunakan buku absensi harian yang berdampak pada efisiensi dan efektifitas pendataan, pencarian data sekaligus perhitungan rekap data yang membutuhkan waktu yang relatif lama. Disamping itu Absensi yang dilakukan secara manual dapat menimbulkan masalah yang berupa data tidak sesuai, susah dalam melakukan pencarian data, dan resiko kehilangan data. Berdasarkan permasalahan diatas maka dibuatlah Sistem Informasi Absensi Pegawai Berbasis Web Pada eLaundry. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi: metode riset, wawancara dan pustaka. Sedangkan pada penelitian ini dibangun menggunakan metode waterfall yang terdiri dari tahap analisis, perancangan, pengkodean, dan pengujian. Dengan dihasilkannya aplikasi absensi kepegawaian berbasis web dapat memberikan kemudahan dalam proses absensi, pencarian data dan perhitungan rekap absensi, serta meminimalisir kehilangan dan kesalahan pencatatan data absensi pada eLaundry.

References

C. Carso, Y. Purwati, S. Gustin and A. P. Kuncoro, "Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter Di Indotechno Purwokerto," Jurnal Sains dan Informatika, vol. 6, pp. 166-174, 2020.

T. Triyono, R. Safitri, and T. Gunawan, “Perancangan Sistem Informasi Absensi Guru Dan Staff Pada Smk Pancakarya Tangerang Berbasis Web,” SENSI J., 2018.

B. Haqi and H. S. Setiawan, “Aplikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader,” PT. Elex Media Komputindo, 2019.

R. D. Wahyuningtyas and M. Chusnah, “ Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Berbasis Web SLIMS,” LPPL universitas KH. A. Wahab Hasbullah, 2021.

A. Sevi, “Pengembangan Aplikasi e-commerce Menggunakan Metode WISDM (WEB Information System Developmnet Methodology) (Studi Kasus: PT. SINAR JATI MEUBEL Bandar Lampung),” Jurnal Cendikia Vol. 14 No. 2, 2017.

Rosa A. S. and M. Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak,” Informatika bandung, 2016.

Downloads

Published

2022-12-30