PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG DI KINGTEX FABRIC OUTLET YOGYAKARTA

Authors

  • Nani Purwati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ahmad Ghufron
  • Sri Kiswati

DOI:

https://doi.org/10.31294/conten.v2i1.1206

Keywords:

Perancangan Sistem Informasi, Penjualan Barang, waterfall

Abstract

Kingtex Fabric Outlet bergerak di bidang bisnis tekstil yang pekerjaanya berkaitan dengan kain maka harus memiki laporan yang berguna untuk mengatur dan mengelola segala bentuk pelaporan terkait penjualan kain tersebut. Selama ini system pelaporan masih kurang teradministrasi dengan baik. Penulis melakukan riset mengenai sistem penjualan barang di Kingtex Fabric Outlet yang sudah berbasis komputerisasi dengan sebuah aplikasi, akan tetapi aplikasi tersebut masih ditemukan kendala mulai dari user yang terbatas, tidak bisa mengetahui stok barang yang ada, dan juga aplikasi masih bersifat offline. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis membuat aplikasi system informasi penjualan barang yang mampu mengatasi masalah yang ada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall. Website sistem informasi  ini dimulai dari pembuatan desain program berupa Entity Relationship Diagram dengan lima tabel pendukung, beserta Logical Record Structur, Struktur Navigasi yang terdiri dari admin dan user, sampai pengujian program yang dilakukan untuk menyesuaikan aplikasi apakah mudah digunakan atau tidak dan mengecek apakah sistem berjalan sesuai dengan perintah atau tidak berdasarkan preferensi dan responden. Dengan adanya aplikasi ini dapat memberikan kemudahan dalam pengolahan data barang dan penjualan serta laporan transaksi pembelian agar lebih tepat dan akurat.

 

Kata KunciPerancangan Sistem Informasi, Penjualan Barang, waterfall

References

Anggraeni, Siti., Ina Rayana, S. R. R. dan A. J. (2017). Analisis Dan Perancangan Sistem Penjualan Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Terhadap Pelanggan Dengan Perbaikan Sistem Akuntansi Penjualan. 1(1), 60–69.

Fitriyana., Sucipto, Adi. Sistem Informasi Penjualan Oleh Sales Marketing Pada Pt Erlangga Mahameru. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 1(1), 105-110.

Handayani, Sutri. Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta. Jurnal Ilkom, 10(2), 2018.

Hidayati, Nur. Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal, 3(1), 1-10.

Jannah, M. (2018). Analisis pengaruh biaya produksi . BanqueSyar’i, 4(1).

Zaliluddin, Dadan., Rohmat. (2018). Perancangan sistem informasi penjualan berbasis web (studi kasus pada newbiestore).Infotech Journal . 4(1), 24-27.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles