PERANCANGAN APLIKASI REKAPITULASI HASIL PEMILU SEMENTARA BERBASIS ANDROID MOBILE

Authors

  • Ahmad Fauzi Universitas Nusamandiri
  • Andry Maulana Universitas Nusamandiri
  • Ade Setiawan Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/conten.v2i1.1179

Keywords:

Pemilu, Rekapitulasi, aplikasi android

Abstract

Pemilihan Umum atau biasa dikenal dengan PEMILU merupakan sebuah pesta rakyat yang dilakukan oleh sebuah negara dalam menentukan pemimpin kepala negaranya secara demokrasi dengan adanya PEMILU ini diharapkan dapat terpilihnya pemimpin yang sesuai dengan pilihan dari rakyat sebuah negara itu sendiri untuk melaksanakan pemilihan umum tersebut tidak lepas dari bagaimana proses untuk menentukan perhitungan dari hasil pemilihan disebuah wilayah hingga dikalkulasi dan didapatkan hasil nilai keseluruhan dari pasangan calon Presiden dan untuk melakukan Rekapitulasi tersebut makan hanya menggunakan Lembaga resmi dan dengan bantuan quickcount untuk membadingkan hasil Rekapitulasi agar lebih transapran dan sebagai pembandingan antara metode perhitungan pemilu yang sudah berjalan maka dirancanglah sebuah aplikasi Rekapitulasi berbasis Android mobil dengan menggunakan algoritma sequential searching yang dapat dimanfaatkan sebagai pembanding dan perhitungan resmi oleh pemerintah untuk dapat membackup hasil pemilihan umum yang tersebar diberbagai macam wilayah sehingga dengan adanya aplikasi tersebut dapat sebagai pembanding dan mendapatkan hasil lebih cepat dalam menentukan pemilihan Kepala sebuah negara sehingga adanya transparansi dalam melakukan perhitungan hasil PEMILU.

References

Endy Budianto, A. (2021). Learning Android and Cyber Counseling. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Fauzi, A., Pernando, F., & Raharjo, M. (2018). Penerapan Metode Haversine Formula Pada Aplikasi Pencarian Lokasi Tempat Tambal Ban Kendaraan Bermotor Berbasis Mobile Android. Jurnal Teknik Komputer, 4(2), 56–63. https://doi.org/10.31294/JTK.V4I2.3512

Hardiyanto, Abdussomad, Haryadi, E., Sopandi, R., & Asep. (2019). Penerapan Model Waterfall Dan Uml Dalam Rancang Bangun Program Pembelian Barangberorientasi Objek Pada Pt. Fujita Indonesia. Interkom, 13(4), 6. https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/21174

Harlina, & Musliadi. (2019). Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition. Elex Media Komputindo. https://doi.org/9786230002120

Kadir, A. (201 C.E.). Logika Pemrograman Menggunakan Java. Elex Media Komputindo.

Karman, J., Mulyono, H., & Taqwa Martadinata, A. (2019). Sistem Informasi Geografis Berbasis Android Studi Kasus Aplikasi SIG Pariwisata. Deepublish.

Karuniawan, H. (2020). Belajar Membuat Aplikasi Dengan Android Studio. Herru Karuniawan.

Kharisma Raharja, I. (2022). Pengembangan Sistem Informasi Menggunakan Metodologi Agile. Deepublish.

Mandiri, A. (2019). Media Pembelajaran KKPI Berbasis Android Pada Siswa Smk Kelas X. IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security, 8(4), 1–5. http://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/1690

Marlinda, L., Hermawan, A., & Fauzi, A. (2019). Sistem Informasi Pengelolaan Masjid Online Menggunakan Metode Waterfall. Edik Informatika, 6(1), 20–27. https://doi.org/10.22202/ei.2019.v6i1.3634

aulana, A., Fauzi, A., Radiyah, U., & Okta, F. (2019). Perancangan Aplikasi Pengenalan Budaya Betawi Berbasis Android. Journal of Information Engineering and Educational Technology, 2(2), 101. https://doi.org/10.26740/jieet.v2n2.p101-108

Pernando, F., & Fauzi, A. (2019). Sistem Pakar Diagnosa Hama Penyakit Tanaman Padi Dan Holtikultura Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android. V(2), 265–270. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Prabowo, M. (2020). METODOLOGI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI. LP2M Press IAIN Salatiga.

Purwanto, H., Fauzi, A., & Sumbaryadi, A. (2021). Penerapan Metode Multycreteria Decsion Making Untuk Menentukan Handphone Android 4G Low-End. Computer Science (CO-SCIENCE), 1(1), 11–17. https://doi.org/10.31294/coscience.v1i1.133

PURWANTO, R., ROSYIDA, S., & FAUZI, A. (2020). MONITORING PELAKSANAAN MUTASI BERBASIS WEB PADA PT.JASAMARGA (PERSERO) Tbk. Jurnal Infortech, 2(2), 166–170. https://doi.org/10.31294/infortech.v2i2.9079

Retno, A. (2022). Pemahaman diagram konsep rekayasa perangkat lunak dan pemrograman PHP. MNC Publishing.

Sanjaya, I. (2019). Pengujian Aplikasi Program Komputer sebelum digunakan (1st ed.). Andi Publiser. https://doi.org/97860259163345

Setiawan, A. (2021). Aplikasi Pembelajaran dan Uji Kemampuan Test Kemampuan Dasar Akademik Berbasis Android. 1(2), 54–62.

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles