Perancangan Program Manajemen Gudang Pada Programmer Room Diskominfosantik Kabupaten Bekasi

Authors

  • Dila Delia Fadilah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Abdussomad Abdussomad Universitas Bina Sarana Informatika
  • Eka Fitriani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Royadi Royadi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/simpatik.v1i2.904

Abstract

Diskominfosantik Kabupaten Bekasi merupakan instansi pemerintah yang menangani pengolahan teknologi informasi di lingkungan Kabupaten Bekasi. Terutama bagian Programmer Room dan Network Operation Center (NOC Room) didalam instansi ini terdapat gudang untuk menyimpan berbagai peralatan teknisi. Dalam rangka pembuatan prasarana jaringan Fiber Optik (FO) sejauh 1.153 km dan tersambung dengan 14 desa, guna mencapai cita-cita yakni menjadikan Kabupaten Bekasi sebagai smart city. Maka Diskominfosantik haruslah dibekali dengan peralatan mengenai teknologi informasi. Untuk mengupayakan pelayanan internet terbaik tersebut Diskominfosantik menyediakan layanan command room untuk menanggapai setiap keluhan pengguna, lalu diteruskan ke Network Operation Center (NOC Room). Setelah itu pihak Diskominfosantik mengirimkan teknisi ke titik gangguan. Untuk itu Diskominfosantik membutuhkan program manajemen gudang yang berfungsi untuk mencatat setiap penggunaan alat teknisi pada saat perbaikan jaringan tersebut. Oleh karena itu Penulis membuat Perancangan Program Manajemen Gudang dengan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Air Terjun (Waterfall). Dimana program ini mampu mencatat setiap transaksi peminjaman dan pengembalian barang
serta dapat membuat laporan data peminjaman untuk diserahkan kepada pimpinan instansi. Dengan menggunakan program manajemen pergudangan ini diharapkan mampu mempermudah pencatatan barang-barang di gudang Diskominfosantik Kabupaten Bekasi.

References

Dantes, G. R., Setemen, K., Marti, N. W., Arthana, I. K. R., Mahedi, K. S., & Saputra, P. H. (2019). Pengantar Basis Data. PT. RajaGrafindo Persada.

Fitri, R. (2020). Pemrograman Basis Data Menggunakan MySql. Poliban Press.

Ginantara, N. L. W. S. R. (2020). Basis Data: Teori dan Perancangan. Yayasan Kita Menulis.

Harianto, K., Pratiwi, H., & Suhariyadi, Y. (2019). Sistem Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi dalam Memasuki Dunia Kerja Menggunakan Tracer Study. Media Sahabat Cendikia.

Jayanti, N. K. D. A., & Sumiari, N. K. (2018). Teori Basis Data. CV. Andi Offset.

Junus, F. B. (2020). Dasar Pemrograman Berbasis Web Dengan PHP Native-Procedural & Mysql. CV Budi Utama.

Martono, R. V. (2019). Dasar-Dasar Manajemen Rantai Pasok. PT Bumi Aksara.

Pamungkas, C. A. (2017). Pengamtar dan Implementasi Basis Data. CV.Budi Utama.

Prehanto, D. R. (2020). Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Scopindo Media Pustaka.

Rianto, I. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak. Lakeisha.

Rulloh, M., Darussalam, M., & Nawawi, I. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Persediaan Barang Jadi pada Gudang PT.Hoppor International dengan Metode Waterfall. Aksara Public, 4(2), 99–109.

Rusmawan, U. (2019). Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemograman. PT. Elex Media Komputindo.

Sa’ad, M. I. (2020). Otodidak Web Programming: Membuat Website Edutainment. PT. Elex Media Komputindo.

Sidik, B. (2017). Pemograman Web dengan PHP7. Informatika Bandung.

Susilowati, Y., & Purnomo, H. (2019). Modul E-Commerce Kompetensi Keahlian Bisnis dan Pemasaran. PT. Elex Media Komputindo.

Undang-Undang. (1997). Undang-Undang (UU) tentang Dokumen Perusahaan (p. No.8). Pemerintah Pusat.

Yuniansyah. (2020). Algoritma dan Pemograman Menggunakan Bahasa Pemograman Java (Teori dan Aplikasinya). Lindan Bestari.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Fadilah, D. D. ., Abdussomad, A., Fitriani, E., & Royadi, R. (2021). Perancangan Program Manajemen Gudang Pada Programmer Room Diskominfosantik Kabupaten Bekasi. Simpatik: Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika, 1(2), 118 - 126. https://doi.org/10.31294/simpatik.v1i2.904