Perancangan Program Pengaduan Masyarakat Berbasis Website Di RW.001 Kelurahan Sunter Jaya Jakarta

Authors

  • Muhammad Erlangga Agustriwahyu Prasetya Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ahmad Al Kaafi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/simpatik.v3i2.2556

Keywords:

Teknologi, Program Pengaduan Masyarakat, Waterfall

Abstract

RW.001 Kelurahan Sunter Jaya di Kota Jakarta Utara saat ini belum menggunakan teknologi informasi dalam proses pelayanan publik kepada masyarakat. Hal ini juga mengakibatkan masyarakat harus bolak-balik ke Kantor RW.001. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibuatlah sebuah program pengaduan masyarakat berbasis website. Dengan program pengaduan masyarakat berbasis website, masyarakat dapat dengan mudah mengajukan keluhan tanpa harus datang ke Kantor RW.001. Untuk perancangan program Pengaduan Masyarakat berbasis Web ini menggunakan metode Waterfall. Model ini menggambarkan pendekatan sistematis dan berurutan pada pengembangan perangkat lunak. Metode Waterfall terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: Requirement Analysis, System and Software Design, Implementation and Unit Testing, Integration and System Testing, Operation and Maintenance. Aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat untuk melaporkan kegiatan atau kejadian. Sistem ini juga memberikan kemudahan bagi pihak RW.001 Sunter Jaya dalam menampung aduan dari masyarakat dan menjalankan tindak lanjut terhadap aduan tersebut Perancangan program pengaduan masyarakat berbasis website memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melaporkan kegiatan atau kejadian secara online, mengurangi penggunaan kertas sebagai media pelaporan. Sistem ini juga memberikan kemudahan bagi pihak berwenang dalam menampung aduan, meningkatkan transparansi penanganan aduan, dan menjaga keamanan data pengaduan. Dengan demikian, program ini memberikan solusi efektif dalam meningkatkan aksesibilitas, efisiensi, dan akuntabilitas dalam pengaduan masyarakat.

References

Abdurahman, M., Safi, M., & Abdullah, M. H. (2018). MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM WITH A WEBSITE IN THE OFFICE OF UPT-KB DISTRICT TERNATE SOUTH. In IJIS Indonesian Journal on Information System.

Faulina, A. R. (2023, March 23). Apa itu UML? Ini Pengertian, Fungsi, dan Contohnya. Sekawan Media. https://www.sekawanmedia.co.id/blog/apa-itu-uml/

Handayani, V. R., & Pratama, N. P. (2019). Sistem Informasi Penjualan Gula Merah Serbuk Berbasis Web Pada Home Industri Gula Merah Serbuk Dalban Permana Purbalingga. Jurnal Sains Dan Manajemen, 7(2), 28–35.

Putra, D. W. T., & Andriani, R. (2019). Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD. 7(1).

Putra, I. S., Ferdinandus, F., & Bayu, M. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Pernikahan Dengan Metode Saw Berbasis Web. Jurnal Teknik Informatika, Sistem Informasi, Dan Ilmu Komputer, 8(2), 136–149.

Rio, & Marsehan, A. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEB MOBILE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. Jurnal Komputer Dan Teknologi, 43–50. https://doi.org/10.58290/jukomtek.v1i2.67

Satriawan, N. (2020, September 15). Pengertian Metode Waterfall dan Tahap-Tahapnya. Ranahresearch. https://ranahresearch.com/metode-waterfall/

Syafei, I., Kamayani, M., & Sinduningrum, E. (2019). PERANCANGAN APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT TERHADAP LINGKUNGAN DI TINGKAT KELURAHAN. 4. https://doi.org/10.22236/teknoka.v%vi%i.4271

Usmana, M. R., Susilawati, Nurfitriany, V. U., & Amelia, N. (2023). Perancangan Sistem Informasi Data Kepegawaian OnlineDesa (Sidakod) Berbasis Website. Simpatik: Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika, 3, 24–33.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Agustriwahyu Prasetya, M. E. ., & Al Kaafi, A. . (2023). Perancangan Program Pengaduan Masyarakat Berbasis Website Di RW.001 Kelurahan Sunter Jaya Jakarta. Simpatik: Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika, 3(2), 87 - 96. https://doi.org/10.31294/simpatik.v3i2.2556