SICAPERBET (Sistem Informasi Cari Perumahan Berbasis Website)
DOI:
https://doi.org/10.31294/simpatik.v3i1.1712Abstract
Semakin tingginya angka penduduk tahun 2022 di Indonesia sebanyak 275.361.267 jiwa sangat berpengaruh pada hunian yang akan dijadikan tempat tinggal baik berupa apartemen, villa, kontrakan, kos-kosan maupun perumahan yang saat ini masih banyak kita temui dijalanan masih berbentuk media cetak seperti brosur, baliho, maupun mulut ke mulut. Perumahan merupakan bangunan yang meliputi keterangan tanah beserta bangunan properti diatasnya dan memiliki hak berupa, milik, guna atau sewa seseorang. Pada era globalisasi saat ini dengan adanya kemajuan serta semakin berkembangnya teknologi yang begitu cepat dan pesat begitu banyak hal yang kita rasakan seperti manfaat dan kelebihan dari teknologi tersebut, salah satu nya di bidang bisnis perumahan yang bertujuan mempermudah dalam pencarian maupun pemasaran. Maka dari itu dibutuhkan platform untuk menjadi pendukung dalam proses bisnis pencarian maupun pemasaran secara digital dengan membuat SICAPERBET yakni sebuah sistem informasi cari perumahan berbasis website. Dalam pembuatan sistem informasi ini menggunakan Android Studio Code berupa software untuk melakukan pemrogramman serta Codeigniter yang digunakan sebagai kerangka kerja atau framework dengan model MVC (Model, View, Controller) dan perancangan sistem yang digunakan ada berupa usecase dan activity diagram serta rancangan database menggunakan ERD dan LRS. Sehingga diharapkan para penjual serta para pencari perumahan dapat mengiklankan, memasarkan dan mencari perumahan dengan mudah dan tentunya lengkap.
References
Aprianti, M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2022). Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi terhadap Identitas Nasional Indonesia. 6(1), 996–998.
Ardiyansyah, & Iramayani. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Jasa Pada Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Harapan Jaya Pontianak. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 5(1), 9–18.
Arifin, N. Y., Borman, R. I., Ahmad, I., Tyas, S. S., Sulistiani, H., Hardiansyah, A., & Suri, G. P. (2022). Analisa Perancangan Sistem Informasi (P. T. Cahyono (ed.); 1st ed.). Cendikia Mulia Mandiri.
Bismi, W., Setiawan, A., Selawati, A., Armawan Sandi, T. A., & Darma Astuti, R. (2020). Sistem Informasi Pendaftaran Santri Baru Dipondok Pesantren Modern Darunn’aim Berbasis Website. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 6(2), 163–171. https://doi.org/10.31294/ijse.v6i2.8958
F, Z. G. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Kos-Kosan Menggunakan Framework Rapid Application Development. 3, 226–233.
Fakhrulloh, Z. A. (2022). Dukcapil Kemendagri Rilis Data Penduduk Semester I Tahun 2022. DUKCAPIL. https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/1396/dukcapil-kemendagri-rilis-data-penduduk-semester-i-tahun-2022-naik-054-dalam-waktu-6-bulan
Gede Endra Bratha, W. (2022). Literature Review Komponen Sistem Informasi Manajemen: Software, Database Dan Brainware. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 344–360. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.824
Gozali, M. I., & Santoso, D. B. (2022). Rancang Bangun Toko Online Pada Brand Bitmories Menggunakan CodeIgniter. 5(2), 212–220.
Hakim, R. (2020). Cara Menggunakan Icon Fontawesome Di HTML & CSS. DUMET School. https://www.dumetschool.com/blog/cara-menggunakan-icon-fontawesome-di-html-css
Mattile, M. S. D. (2022). SISTEM PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB DI SMKN 1 BANGGAI MENGGUNAKAN FRAMEWORK CODEIGNITER. Univesitas Teknologi Digital Indonesia, 1(1), 6–19.
Maulidda, T. S., & Jaya, S. M. (2021). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Melalui Whatsapp Gateway Studi Kasus Sekolah Luar Biasa-Bc Nurani. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 38–44. https://doi.org/10.56244/fiki.v11i1.421
Nirsal, Rusmala, & Syafriadi. (2020). Desain Dan Implementasi Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pakue Tengah. Journal Ilmiah d’Computare, 10, 30–37. http://www.elsevier.com/locate/scp
Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., & Hidayah, U. (2022). Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi. DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 127–143. https://doi.org/10.46773/djce.v1i2.329
Permana, A. Y., & Romadlon, P. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERUMAHAN MENGUNAKAN METODE SDLC PADA PT. MANDIRI LAND PROSPEROUS BERBASIS MOBILE. SIGMA - Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, 2(10), 153–167. https://doi.org/10.1134/s0320972519100129
Rahmawati, I., Munawar, Z., Komalasari, R., & Putri, N. I. (2022). Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian di Universitas Nurtanio. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi (SISFOTEK), 10–20.
Ripai, I. (2022). Analisis Pertandingan Antara Facebook Ads dengan TikTok Ads terhadap Perkembangan Bisnis Penjualan Online di Era Digital. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Salsabilla, N. (2022). Peranan Perangkat Keras ( Hardware ) Dalam Sistem Informasi Manajemen. Informasi Manajemen, 0702212214.
Sari, Indah Purnama. S.T., M. K. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak. umsu press.
Tabrani Muhammad, Suhardi, & Hananda, P. (2021). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Website Pada Unl Studio Dengan Menggunakan Framework Codeigniter. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), 13–21. https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i1.598
Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Anak Hebat Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=rmL2DwAAQBAJ
Yuli Ernawati, F., & Novandalina, A. (2022). Dampak Covid 19 Terhadap Umkm Dan Bisnis Model Di Era New Normal. Journal of Community Service and Engagement, 2(01), 25–29. http://jocosae.org/index.php/jocosae/article/view/33