Sistem Informasi Survey Online Berbasis Website Pada Pt. Citi Asia International Menggunakan Metode Waterfall

Authors

  • Alsatika Wulansari Universitas Nusa Mandiri
  • Titin Kristiana Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/simpatik.v2i2.1293

Abstract

Selama ini peneliti atau researcher PT. Citi Asia International ketika melakukan survey masih dengan cara manual yaitu dengan mencetak kuesioner dan menyebarkannya dengan mendatangi satu persatu responden. Ini menjadi masalah karena prosesnya yang memakan waktu cukup lama serta biaya yang besar. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat membantu researcher dalam melakukan survey secara online melalui website. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi survey online berbasis website. Metode waterfall digunakan dalam pengembangan website ini dengan tahapan analisis kebutuhan software, desain, coding, testing, serta pemeliharaan. Bahasa Pemrograman yang digunakan yaitu HTML, PHP, CSS dengan laravel sebagai frameworknya dan database yang digunakan adalah MySQL. Website ini memiliki 3 hak akses atau user yaitu admin, researcher, dan responden. Website ini juga berintegrasi dengan basis data sehingga pengolahan data dan hasil laporan menjadi lebih mudah. Dengan adanya website ini proses pengumpulan data dengan survey dapat lebih efektif dan efisien.

Kata kunci: Survey, Website, Waterfall

References

Afriliana, I., Munadia, H., Dwi Hasta, I., Studi Teknik Komputer, P., Harapan Bersama Tegal, P.,

Mataram No, J., & Lor Margadana Tegal, P. (2018). EKUPEL: E-Kuesioner Kepuasan Pelanggan Pada PT. PLN (Persero) Rayon Tegal Timur. 17(1)

Anggraeni, E. Y., & Irviani Rita. (2017). Pengantar Sistem Informasi (E. Risanto, Ed.). CV. ANDI

OFFSET

Anubhakti, D., & Vallendito, B. (n.d.). Prosiding SENTIA 2017-Politeknik Negeri Malang RANCANG

BANGUN KUESIONER SURVEY BERBASIS WEB.

Coyanda, J. R. (n.d.). Model Technopreneur IT Mahasiswa Pada Masa Pandemic Covid 19 dengan Metode Business Model Canvas.

Fitri, R. (2020). Pemrograman Basis Data Menggunakan MYSQL (R. Fauzan, Ed.). Poliban Press.

Kurniadi, D., & Fitri Islami, A. (2018). Perancangan Aplikasi Survei Kepuasan Mahasiswa Berbasis Kuesioner Online. http://journals.sttgarut.ac.id

Muchlis, M., Christian, A., & Sari, M. P. (2019). Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik pada STMIK Prabumulih. Eksplora Informatika, 8(2), 149–157.

https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.215

Pakpahan, A. F. (2020). Dasar-Dasar Pengembangan Aplikasi Web Modern dengan Framework Laravel (R. R. Rerung, Ed.). Media Sains Indonesia.

Putraga Al Bahri, F., Studi Manajemen Informatika, P., Indonesia Teuku Nyak Arif, A. J., Krueng Raya, S., Kuala, S., & Aceh, B. (2019). Perancangan E-Kuisioner menggunakan CodeIgniter dan React-Js sebagai Tools Pendukung Penelitian. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 3).http://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti

Sa’ad, M. I. (2020). Otodidak Web Programming: Membuat Website Edutainment. PT Elex Media Komputindo. Supono, & Putratama, V. (2018). Pemrograman Web dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. deepublish.

Susila, F. C., Hukum, A. B., & Negara, A. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. In Online Administrative Law & Governance Journal (Vol. 2).

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Wulansari, A., & Kristiana, T. (2022). Sistem Informasi Survey Online Berbasis Website Pada Pt. Citi Asia International Menggunakan Metode Waterfall. Simpatik: Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika, 2(2), 82 - 87. https://doi.org/10.31294/simpatik.v2i2.1293