Penerapan Metode Proses Analitik Hirarki (AHP) Dalam Menentukan Jasa Ekspedisi Pada Market Place
DOI:
https://doi.org/10.31294/simpatik.v2i1.1251Keywords:
AHP,Pengambilan keputusan,Jasa ekspedisi,Market PlaceAbstract
Sejak pandemi covid 19 market place menjadi peluang altenatif bagi pelaku usaha untuk dapat tetap bertahan dan bersaing dalam melakukan bisnis. Pengiriman barang menjadi bagian penting.dimana upaya penjual dalam mengirimkan paket pesanan sampai kepada konsumen dan menjadi sebuah kepuasan bagi konsumen untuk dapat berbelaja kembali. Dalam pengambilan keputusan sering kali dihadapkan dengan banyaknya pilihan yang membingungkan,terutama dalam pemilihan jasa ekspedisi. Pemilihan jasa ekpedisi menjadi point utama dalam mendukung proses bisnis. Penelitan dilakukan pada Toko Saburohojo sebuah usaha asesoris untuk kendaraan bermotor yang beralamat di jl. Raya Hankam No 54 Pondok gede. Ada tiga ekspedisi yang digunakan yaitu Sicepat, JNE dan J&T .Tujuan dari penelitian ini memberikan kriteria yang lebih penting untuk menentukan alternatif jasa ekspedisi. Penelitian ini menggunakan metode Proses Analitik Hirarki (AHP). Level tingkat kepentingan menggunakan data kuesioner dari data yang dibandingkan secara berpasangan . Kriteria Harga menjadi kriteria paling tinggi dalam penelitian ini dibandingakan dengan kriteria lokasi, layanan dan tanggapan.Sedangkan kriteria tanggapan yang memiliki sub kriteria klaim barang lebih penting dari sub kriteria pesanan dan tracking barang sedangkan kriteria layanan dimana barang hilang memiliki level lebih penting dari barang rusak dan kecepatan pengiriman untuk masing-masing subkriteria . Kriteria- kriteria ini digunakan untuk menentukan pilihan terbaik dari jasa ekspedisi sehingga dari hasil perhitungan tiga alternative didapatkan peringkat teratas adalah Ekspedisi Sicepat dengan perolehan nilai 0,546933
References
Astuti, J., & Fatma, E. (2017). Evaluasi Pemilihan Penyedia Jasa Kurir Berdasarkan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 1(1), 28. https://doi.org/10.30988/jmil.v1i1.5
Azza, G. M., & Dores, A. (2018). Sistem Informasi Manajemen Marketing Tools Serta Penerapan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process) Pada Proses Uji Kualitas Barang Jurnal Cendikia, XVI, 107–114
Dinisari Chitra Mia. (2021). Pebisnis Online, Begini Tips Memilih Jasa Kurir. https://entrepreneur.bisnis.com/read/20211023/88/1457445/pebisnis-online-begini-tips-memilih-jasa-kurir-agar-tidak-mengecewakan-pelanggan
Dzulhaq, M. I., Sidik, A., & Ulhaq, D. A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Membandingkan Marketplace Terbaik Dengan Menggunakan Metode AHP Dan AHP. Academic Journal of Computer Science Research, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.38101/ajcsr.v1i1.233
Handayani, rani irma, & yuni darmianti. (2017). Pemilihan Supplier Bahan Baku Bangunan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ) Pada Pt . Cipta Nuansa. Program Studi Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta Program Studi Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri, XIV(1), 1–8
Hidayat HR, S., Susanti, M., & Rahmawati, M. (2021). Selection of the Right Marketplace for Sale of Ornamental Plants Using Analytical Hierarchy Process (Ahp) Method. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 18(1), 39–48. https://doi.org/10.33480/techno.v18i1.2054
Narti, N.-, Sriyadi, S., Rahmayani, N., & Syarif, M. (2019). Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dengan Metode AHP. Jurnal Informatika, 6(1), 143–150. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5552
Oktapiani, R., Subakti, R., Sandy, M. A. L., Kartika, D. G. T., & Firdaus, D. (2020). Penerapan Metode Analytic Al Hierarchy Process (Ahp) Untuk Pemilihan Jurusan Di Smk Doa Bangsa Palabuhanratu. Swabumi, 8(2), 106–113. https://doi.org/10.31294/swabumi.v8i2.7646
Prasetyo, B., Laksito, W., & Siswanti, S. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Internet Operator Telekomunikasi Dengan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIKomSiN), 1(2), 7–12
Putri, C. F. (2012). Pemilihan Supplier Bahan Baku Pengemas Dengan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process). Widya Teknika, 20(1), 25–31.
Veronica, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal Development, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.53978/jd.v5i1.45