Analisa dan Evaluasi Kepuasan Guru Sebagai Pengguna NataKelas Menggunakan PIECES Framework

Authors

  • Aryo Tunjung Kusumo Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/simpatik.v2i1.1178

Keywords:

Kepuasan Pengguna, NataKelas, PIECES Framework

Abstract

Adanya penerapan pembelajaran jarak jauh di sekolah selama pandemi covid mengharuskan sekolah menggunakan media pembelajaran secara daring. Salah satu media pembelajaran daring yaitu NataKelas. NataKelas menjadi wadah bagi para guru, siswa serta orangtua siswa untuk melakukan proses pembelajaran jarak jauh.  Penelitian ini menerapkan PIECES Framework untuk mencari tingkat kepuasan serta tingkat kepentingan selama menggunakan NataKelas. PIECES framework menerapkan enam aspek berupa performances, informations, economy, control, efficiency and service.  Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan metode PIECES framework dalam mengevaluasi NataKelas memperoleh tingkat nilai kepuasan dari keenam aspek. Dari aspek Performance mendapatkan kepuasan dengan nilai rata-rata 4,37 dengan predikat sangat puas,  aspek Informations mendapatkan kepuasan dengan nilai rata-rata 4,41 dengan predikat sangat puas, aspek Economics mendapatkan kepuasan dengan nilai rata-rata 4,49 dengan predikat sangat puas, aspek Controls mendapatkan kepuasan dengan nilai rata-rata 4,41 dengan predikat sangat puas, aspek Efficiency mendapatkan kepuasan dengan nilai rata-rata 4,55 dengan predikat sangat puas dan aspek Service mendapatkan kepuasan dengan nilai rata-rata 4,45 dengan predikat sangat puas

References

Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Sainteks 2019, 56–60. https://seminar-id.com/semnas-sainteks2019.html

Jamaluddin D., Ratnasih T., Gunawan H., P. E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru. Karya Tulis Ilmiah, 2. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Kusumo, A. T. (2022). Efektivitas NataKelas Selama Pandemi Covid-19 Sebagai Media Pembelajaran Daring. Jurnal Sistem Informasi, 11(1), 13–17. https://doi.org/10.51998/jsi.v11i1.462

Priyadi, W. (2020). Analisis Website Menggunakan Metode PIECES FRAMEWORK di PT Majapahit Teknologi Nusantara. Jurnal Ilmiah Komputasi, 19(4), 575–587. https://doi.org/10.32409/jikstik.19.4.335

Rahmanto, M. ., & Bunyamin. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119–135.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Windyasari, V. S., & Qoiriyah, W. (2020). Rancangan Sistem E-Learning Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. Unistek, 7(2), 40–49. https://doi.org/10.33592/unistek.v7i2.708

Yasni, A. (2020). Media Pembelajaran Daring pada Masa Covid-19 Online Learning Media during the Coronavirus Disease (pp. 49–56). https://ejournal.staisyamsululum.ac.id/index.php/jtt/article/view/71

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Kusumo, A. T. . (2022). Analisa dan Evaluasi Kepuasan Guru Sebagai Pengguna NataKelas Menggunakan PIECES Framework. Simpatik: Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika, 2(1), 21 - 29. https://doi.org/10.31294/simpatik.v2i1.1178

Issue

Section

Articles