PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN HEWAN BERBASIS ANDROID DENGAN METODE SQUENTIAL SEARCH

Authors

  • Rizko Eki Satria STMIK Nusa Mandiri
  • Numan Musyaffa

DOI:

https://doi.org/10.31294/reputasi.v1i2.58

Keywords:

Mysql, Android, Squential

Abstract

Game edukasi mempunyai kelebihan dalam hal visualisasi dari permasalahan yang nyata. Selain itu game edukasi juga memiliki bentuk pengajaran yang cepat, menarik  dan bermanfaat. Aplikasi Pengenal Hewan ini bertujuan untuk menjadi media pembelajaran visual yang digunakan anak–anak usia dini agar bisa lebih mengenal hewan berdasarkan jenis makanan dan tempat hidupnya. Dalam aplikasi pengenal hewan ini pengguna dapat melihat jenis hewan dengan gambar animasi yang sudah ada dalam aplikasi pengenal hewan ini, selain itu pengguna juga bisa mendengarkan pengertian dari setiap jenis hewan yang ada didalam aplikasi ini dengan media suara yang sudah di sediakan dalam aplikasi pengenal hewan ini. Aplikasi ini dikembangan dengan Android Studio dengan bentuk javascript dan manajemen pengolahan data dengan Mysql. Aplikasi ini juga mempunyai fitur pencarian yang memudahkan pengguna untuk mencari jenis hewan, fitur ini menerapkan Algorithma Squential Search. Aplikasi ini menggunakan metode pengujian Black Box Testing. Aplikasi pengenal hewan ini juga sudah melalui proses uji coba dengan pengguna yang langsung diwawancarai . setelah semua fitur diuji, aplikasi ini berjalan dengan baik pada sistem operasi android. Aplikasi ini masih perlu diuji coba diperangkat mobile lainnya agar aplikasi ini bisa digunakan banyak pengguna lainnya. Untuk pengembangan aplikasi ini bisa ditambahkan fitur yang lebih menarik dan interaktif dari sebelumnya. 

Downloads

Published

2020-12-14

How to Cite

Satria, R. E., & Musyaffa, N. (2020). PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN HEWAN BERBASIS ANDROID DENGAN METODE SQUENTIAL SEARCH. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2), 63-73. https://doi.org/10.31294/reputasi.v1i2.58