PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PERJALANAN PARIWISATA INDONESIA (NUSANTARA TRIP)

Authors

  • Rousyati Rousyati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Muhammad Ali Faatikh Riziq Universitas Bina Sarana Informatika
  • Anto Sony Wijaya Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nabila Norafi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Annisa Ichsani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dwi Vikki Rizkiyani Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/conten.v3i1.1812

Keywords:

Sistem Informasi Geografis, Pariwisata, Indonesia

Abstract

Untuk meningkatkan pengetahuan tentang tempat-tempat wisata di Indonesia, baik bagi masyarakat Indonesia maupun luar negeri, diperlukan pemetaan geografis yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Informasi mengenai tempat wisata di Indonesia, seperti pantai, candi, bendungan, air terjun, dan lokasi wisata lainnya dapat diakses melalui internet menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) berbasis web. Pembuatan Sistem Informasi Geografis Pariwisata Indonesia mengikuti metode Waterfall Model yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu desain, analisis, pengkodean dan pengujian, implementasi, dan pemeliharaan. Data yang dibutuhkan mengacu pada model data spasial pada Sistem Informasi Geografis. Informasi yang disajikan dalam Sistem Informasi Geografis Pariwisata Indonesia mencakup informasi mengenai wilayah, peta, foto, dan rute terdekat menuju lokasi wisata. Tujuan dari Sistem Informasi Geografis Pariwisata di Indonesia adalah untuk memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia maupun luar negeri agar dengan mudah mendapatkan informasi mengenai tempat wisata di Indonesia.

References

Firliana, R., Kasih, P., & Suprapto, A. (2016). Pemanfaatan GIS Untuk Sistem Informasi Pariwisata. Nusasntara of Enginering, 3(2355–6684), 6. http://kuisioner.lp2m.unpkediri.ac.id/index.php/ti/article/view/245

Sukatmi, & Wardana, A. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kabupaten Tulang Bawang Barat Berbasis Web. Jurnal Cendikia, 21(1), 537–543.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles