Pelatihan Pemanfaatan Platform Digital sebagai upaya “Border Branding” Bagi UMKM Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia, Desa Sekida Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat

Main Article Content

Latifah
Wanty Eka Jayanti
Nurmalasari
Angel
Handi Akbar

Abstract

Kegiatan ini berfokus pada pengembangan potensi Desa Sekida, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, sebagai wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Meskipun kaya akan budaya, kearifan lokal, dan potensi alam, daerah ini belum memaksimalkan peluangnya melalui strategi branding yang efektif. Studi ini mengusulkan program "Pelatihan Pemanfaatan Platform Digital Sebagai Border Branding" bagi UMKM setempat. Tujuannya adalah meningkatkan pemahaman pelaku UMKM tentang pemanfaatan media sosial untuk border branding. Metode yang digunakan meliputi pelatihan tentang konsep border branding, strategi promosi, pengembangan produk lokal, dan pemanfaatan media sosial untuk pemasaran. Hasil yang diharapkan mencakup publikasi artikel jurnal, dokumentasi, rilis media, HKI, dan poster kegiatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi daerah dan mempromosikan wilayah perbatasan sebagai destinasi wisata yang menarik dan bernilai ekonomi tinggi.

Article Details

Section

Articles