Perancangan Sistem Manajemen Aset Di SMK Pembangunan Kota Bogor Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall

Authors

  • Viona Sera Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/simpatik.v3i2.2570

Keywords:

informasi, Pengelolaan aset, Perancangan

Abstract

SMK Pembangunan Bogor yang merupakan salah satu organisasi pendidikan yang memerlukan suatu teknologi yang dapat bergerak dalam informasi khusus nya dibidang manajemen aset. Perkembangan teknologi informasi telah memberikan kontribusi pada cepatnya pertumbuhan jumlah data yang dikumpulkan dan di simpan dalam basis data yang berukuran besar atau tumpukan data. Dengan itu dibutuhkan sebuah metode atau teknik yang dapat merubah tumpukan data tersebut menjadi sebuah informasi yang terurai secara ringkas. Pengelolaan aset bertujuan Agar semua aset yang ada dapat dihitung, diawasi serta diketahui keberadaannya dengan mudah untuk mewujudkan hal tersebut maka membutuhkan sebuah sistem untuk mengelola aset. Hal tersebut memerlukan sebuah perancangan System Informasi Manajemen Aset di SMK Pembangunan Bogor agar dapat mendukung seluruh pendataan aset agar dapat dikarenakan belum memiliki sistem berbasis web yang dapat melakukan pendataan aset di sekolah secara online. Perancangan ini juga bertujuan untuk menghasilkan perancangan sistem pengelolaan aset yang dapat digunakan oleh SMK Pembangunan Bogor untuk melakukan pengontrolan terhadap aset-aset sekolah serta untuk menghasilkan pemodelan sistem informasi manajemen aset yang berorientasi objek dengan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Dengan metode pengumpulan data melalui Observasi dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan-kegiatan yang berlangsung di SMK Pembangunan Bogor, Wawancara kepada pihak-pihak terkait, dan melakukan kegiatan Studi Pustaka guna  Pengumpulan data dengan cara mengumpulkan literatur, jurnal, paper dan bacaan-bacaan yang ada kaitannya dengan judul penelitian. Sistem Manajemen aset berbasis online ini Diharapkan dapat dibangun dan digunakan sesuai dengan kebutuhan organisasi pendidikan terkhusus SMK Pembangunan Bogor.

References

Abdul Hakim Jurumiah. (2020). SEKOLAH SEBAGAI INSTRUMEN KONSTRUKSI SOSIAL DI MASYARAKAT.

Abdurrahman, A., & Masripah, S. (2017). Metode Waterfall Untuk Sistem Informasi Penjualan. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 2(1), 95–104.

Adi, S., & Maya Kristin, D. (2014). STRUKTURISASI ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM DAN DATA FLOW DIAGRAM BERBASIS BUSINESS EVENT-DRIVEN. In Juni (Vol. 5, Issue 1).

Akbar, R., & Rahman, A. (2021). Pembuatan Aplikasi Web dan Mobile Untuk Sistem Informasi Pengelolaan Aset dengan QR Code (Studi Kasus: PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat). Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 6(3), 129–138. https://doi.org/10.25077/teknosi.v6i3.2020.129-138

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Sera, V. (2023). Perancangan Sistem Manajemen Aset Di SMK Pembangunan Kota Bogor Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. Simpatik: Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika, 3(2), 126 - 134. https://doi.org/10.31294/simpatik.v3i2.2570