Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching Pada Alia Citra Dekorasi (ACD)

Penulis

  • Selvia Septi Palupi Universitas Nusa Mandiri
  • Satia Suhada Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/larik.v1i2.705

Kata Kunci:

sistem pendukung keputusan, pemilihan karyawan terbaik, ranking, Metode Profile Matching

Abstrak

Karyawan merupakan salah satu hal utama dalam suatu perusahaan baik dalam kemajuan, kelancaran, dan keberhasilan suatu perusahaan peran karyawan sangatlah penting. Perusahaan menyadari betapa pentingnya peran karyawan dalam kesuksesan suatu perusahaan, oleh karena itu perusahaan berusaha untuk terus memberikan motivasi salah satunya dengan melakukan pemilihan karyawan terbaik. Dalam pemilihan karyawan terbaik di Alia Citra Dekorasi (ACD) masih dilakukan secara manual, yaitu memilih karyawan yang dianggap memenuhi kinerja yang baik oleh pemimpin perusahaan tanpa adanya penilaian yang akurat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sistem pendukung keputusan (SPK) dengan metode Profile Matching sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan pemilihan karyawan terbaik di Alia Citra Dekorasi. Dengan menggunakan metode Profile Matching maka ACD dapat membuat keputusan melalui penilaian kinerja karyawan berdasarkan aspek yang ada sesuai dengan kemampuan. Dengan metode Profile Matching ini dapat ditentukan presentase dari objek atau aspek yang dinilai dan ditotal, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu karyawan terbaik.

Referensi

H. Purwanto, “Penerapan Metode Profile Matching Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Karyawan Pada PT HYUNDAI MOBIL Indonesia Cabang Kalimalang,” Jurnal Techno Nusa Mandiri Vol.XIV, No. 1 Maret 2017, pp. 15-20, 2017.

R. I. Handayani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi dengan Metode Profile Matching Pada PT. Sarana Inti Persada (SIP),” Jurnal Pilar Nusa Mandiri Volume 13 No.1, Maret 2017, pp. 28-34, 2017.

D. F. Haryani, “Sistem Pendukung Keputusan Karyawan Terbaik Pada Collection PT.Panin Bank Menggunakan Metode Profile Matching,” Jurnal Mantik Penusa, vol. 3 No.1 , 2019.

B. Sudrajat, “Pemilihan Pegawai Berprestasi dengan Menggunakan Metode Profile Mathcing,” Jurnal & Penelitian Teknik Informatika Volume 3 Nomor 1, Oktober 2018, pp. 202-210, 2018.

A. J. P. H. Firdaus Idam, “Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching Pada PT. Surindo Murni Agung,” Jurnal Infortech, vol. I, pp. 21-27, 2019.

T. Kristiana, “Penerapan Metode Profile Matching Untuk Menentukan Predikat Salesman Terbaik,” JSAI, vol. 2 Nomor 2, pp. 135-143, 2019.

O. Nurdiawan, “PENERAPAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE PROFILE MATCHING DALAM PENILAIAN KINERJA KARYAWAN,” Jurnal Digit, vol. 8 no.2, pp. 136-148, 2018.

F. Riduan Syaiful Mashyur, “Penggunaan Metode Profile Matching Untuk Pemilihan EOSH Captain Terbaik pada PT.Coca-Cola Indonesia,” Jurnal PILAR Nusa Mandiri, vol. 15, pp. 235-240, 2019.

F. A. Mervin Angeline, “SIistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching,” Jurnal Ilmiah Smart, vol. II No.2, pp. 45-51, 2018.

M. Dr. Dra. Karmanis dan S. M. Karjono, Buku Pedoman Belajar Metode Penelitian, CV. Pilar Nusantara, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel