Analisis Perbandingan Efektifitas White-Box Testing dan Black-Box Testing

Penulis

  • Dede Wintana Universitas Bina Sarana Informatika
  • Denny Pribadi
  • Moh Yusup Nurhadi

DOI:

https://doi.org/10.31294/larik.v2i1.1382

Kata Kunci:

Manual testing, white-box testing, testing, perbandingan testing, manual testing, white-box testing, testing, perbandingan testing, perbandingan efisiensi testing.

Abstrak

Pada penelitian ini akan dijelaskan perbandingan efektivitas pengujian black-box dengan pengujian white-box. Peneliti akan membandingkan seberapa efisien pengujian kotak putih dan pengujian kotak hitam. Dalam penggunaannya mana yang lebih baik dan mana yang lebih buruk. Dalam penelitian ini, kami akan membandingkan dengan data seberapa efisien pengujian tersebut. Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan white-box testing, pengujian memerlukan persiapan teknis dan awal yang ditentukan sebagai penguji otomatis diperlukan untuk membuat skrip pengujian otomatis agar pengujian white-box bekerja seperti yang diharapkan, Jadi pengujian white-box membutuhkan awal yang lebih lama uji persiapan daripada pengujian kotak hitam yang membutuhkan waktu untuk penggunaan awal. Tetapi pengujian white-box lebih cepat daripada pengujian black-box yang hanya menjalankan skrip dalam satu klik dan hasilnya akan muncul. Pada grafik yang dihasilkan pengujian white-box dan perbandingan pengujian black-box. hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengujian black box lebih baik daripada pengujian white-box apabila pengujian dengan frekuensi yang lebih sedikit, berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengujian white-box lebih baik daripada pengujian back-box untuk pengujian dengan frekuensi yang lebih banyak.Data tersebut juga menunjukkan kepada kita bahwa white-box testing dan back-box testing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung kebutuhan mana yang dibutuhkan.

Biografi Penulis

Moh Yusup Nurhadi

 

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Wintana, D., Pribadi, D., & Nurhadi, M. Y. (2022). Analisis Perbandingan Efektifitas White-Box Testing dan Black-Box Testing . Jurnal Larik Ladang Artikel Ilmu Komputer, 2(1), 8-16. https://doi.org/10.31294/larik.v2i1.1382

Terbitan

Bagian

Artikel