Resepsi Khalayak Pada Konten Kampanye Kesehatan Mental @marshanda99 Dalam Diri Remaja

Authors

  • Fitri Sarasati Universitas Satya Negara Indonesia
  • Waode Winarti Universitas Satya Negara Indonesia
  • Achmad Budiman Sudarsono Universitas Satya Negara Indonesia
  • Helen Olivia Universitas Satya Negara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31294/jpr.v5i1.3324

Keywords:

Campaign, Instagram, Reception Theory

Abstract

Kehadiran akun Instagram @marshanda99 merupakan salah satu akun yang memanfaatkan sosial media sebagai platform untuk berkampanye mengenai krisis iklim lingkungan di dunia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui resepsi khalayak terhadap kampanye krisis iklim pada Instagram @marshanda99. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Encoding dan Decoding yang dicetuskan oleh Stuart Hall, dengan menggunakan landasan konseptual Komunikasi, Media Sosial, Instagram, Konten, Resepsi, Media, Kesehatan Mental, Public Relation dan Khalayak. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan analisis resepsi Stuart Hall. Dalam penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data adalah focus group discussion. Analisis data meliputi karakteristik proses: Reduksi data, Penyajian data, dan Kesimpulan/Validasi. Focus Group Discussion menunjukan bahwa setiap Informant memberikan pemaknaan (decoding) terhadap pesan media melalui tiga kemungkinan posisi yaitu Dominan, Negosiasi, dan Oposisi. Perbedaan pemaknaan khalayak terjadi karena setiap individu memiliki latar belakang yang berbeda seperti kelas sosial, pendidikan, dan budaya. Dari hasil tersebut diketahui bahwa resepsi khalayak terhadap akun Instagram @marshanda99 berada di posisi dominan menyesuaikan pesan media dengan manfaat, sudut pandang, dan pengalaman yang dirasakan oleh Informan.

References

Canggara, & Hafied. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Canggara, & Hafied. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Graffindo Persada.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Elektronik Universitas Tulungagung, 140–157. Retrieved from www.jurnal-unita.org/index.php/publiciana/article/download/79/73

Eriyanto. (2012). Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media (Edisi Khusus Komunitas. Cetakan ke-3). Yogyakarta: LKis Group.

Kurniawan, A. (2016). KARAKTERISTIK DAN RESPON AUDIENS PENONTON TAYANGAN SINETRON TUKANG BUBUR NAIK HAJI THE SERIES. Lampung. Retrieved from http://digilib.unila.ac.id/24164/3/SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Nastiti, L. W. (2016). Bentuk Personal Brandign Melalui Media Sosial (Studi Deskriptif Kualitatif Personal Branding Saptuari SugihartoMelalui Akun Twitter Pribadi @Saptuari). Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/21262/2/11730005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Nurhadi, Zikri Fachrul dan Achmad Wildan Kurniawan. (2017). Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian.Vol 3(1). 2461-0836

Supriana, H. (2017). PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP CITRA PARTAI POLITIK. Lampung. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/3055/1/SKRIPSI_LENGKAP_HERRI.pdf

Surokim. (2017). INTERNET, MEDIA SOSIAL, DAN PERUBAHAN SOSIAL DI MADURA- Buku Seri Pengabdian Masyarakat # 1 (1st ed.; Surokim, Ed.). Madura: Prodi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Syah, H. (2014). Penelitian Deskriptif. Int J Qual Health Care Metode Penelitian Bisnis. Edisi Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga. Retrieved from http://penalaran-unm.org/deskriptif-kuantitatif/

Yunitasari, Cindy & Japarianto, E. (2013). Analisa Faktor-Faktor Pembentuk Personal Branding dari C.Y.N. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(1), 1–18. Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/123/73

Downloads

Published

2024-04-02

Issue

Section

Articles