Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan (E-Hotline) Pada PT. Haakon Inti Perkasa Depok

Authors

  • Mulyati Nur Asiyah Universitas Nusa Mandiri
  • Rachman Komarudin Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/jinsan.v1i2.652

Keywords:

sistem informasi, sistem informasi pelayanan pengaduan, unit properti

Abstract

Sebuah Informasi menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan seiring dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat di zaman modern seperti pada ini. Hal ini akan dijadikan sebuah kebutuhan yang sangat mutlak di dalam persaingan kerja yang begitu pesat. Saat ini pelayanan keluhan atau pengaduan konsumen yang membeli rumah di pengembang properti PT. Haakon Inti Perkasa , belum ada sistem yang dapat memudahkan konsumen dalam menyampaikan keluhannya dan tidak ada nya sistem untuk menampung keluhan konusmen. Karena pada saat ini sistem yang berjalan masih manual yang menggunakan whatsapp dimana saking banyaknya keluhan yang masuk dari konsumen tidak tertampung sehingga menyebabkan miss komunikasi antar pengembang properti dan konsumen yang menyebabkan pengerjaan keluhan terhambat. Pencatatan juga masih manual , masih menggunakan google spreadsheet dimana staf hotline harus menginput keluahan – keluhan yang masuk dari konsumen agar bisa dilihat oleh tim konsutruksi yang selanjutnya di perbaiki keluhan – keluhan dari rumah yang masih belum beres, dan bukan hanya tim kontruksi ada tim legal untuk kepengurusan sertifikat, IMB yang telah selesai, proses maupun belum selesai. Kadang yang menyebabkan pengerjaan tersebut jadi terlambat karna kurangnya informasi yang kurang efesien. Sistem Informasi ini di rancangan menggunakan metode SLDC dengan model Waterfall (air terjun), karna tahapan demi tahapan dapat diselesaikan secara terurut dan terstruktur, dengan menggunakan Diagram UML sebagai analisa dan desain serta menggunakan bahasa pemograman Mysql, PHP, CSS, Javascript dan framework Codeigniter untuk sistem informasi berbasis web tersebut.

Downloads

Published

2021-11-25