Penerapan Sistem Informasi Penjualan Aksesoris Mobil pada Toko Mawar Car Audio dengan Metode Waterfall

Authors

  • Maruloh Maruloh Universitas Nusa Mandiri
  • Sriyadi Sriyadi
  • Agustina Afriani
  • Muhammad Adi Chandra

DOI:

https://doi.org/10.31294/jinsan.v1i1.356

Keywords:

Sistem Informasi, penjualan, waterfall

Abstract

Pesatnya perkembanagan teknologi saat ini mengakibatkan pengaruh yang besar bagi kegiatan ekonomi di seluruh dunia. Perkembangan ini membuat banyaknya usaha yang berkembang di Indonesia, termasuk kota Tangerang Selatan. Salah satu usaha yang sedang berkembang adalah usaha dibidang otomotif. Semakin banyaknya masyarakat yang memiliki mobil saat ini, membuat peluang usaha di bidang otomotif semakin besar. Salah satu usaha di bidang otomotif adalah penjualan aksesoris mobil. Toko Mawar Car Audio merupakan salah satu toko yang menjual aksesoris mobil. Sistem penjualan pada toko tersebut dilakukan secara konvensional. Penjualan yang bersifat konvensional mengakibatkan proses pendataan, baik pendataan stok barang maupun penjualan aksesoris mobil berjalan lambat, ditambah dengan kesalahan dalam pencatatan data. Dengan banyaknya permintaan akan aksesoris mobil mengharuskan adanya sebuah sistem informasi untuk mempermudah proses penjualan, agar bisa berjalan dengan baik dan cepat. Pembuatan sistem informasi menggunakan model waterfall, dimana memiliki tahapan analisis kebutuhan, desin sistem, coding, uji coba, dan pemeliharaan. Dengan adanya sistem informasi penjualan aksesoris mobil ini diharapkan permasalahan mengenai pendataan barang, data penjualan, maupun pembuatan laporan-laporan dapat dilakukan  secara efektif  dan efisien.

Downloads

Published

2021-05-25

Issue

Section

Articles