Rancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM) Berbasis Android

Authors

  • Denny Pribadi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Wafa Tuffahati Universitas Bina Sarana Informatika
  • Saeful Bahri Universitas BIna Sarana Informatika

Keywords:

Linear Congruent Method (LCM), Game Anak Usia Dini, Game Edukasi, Android

Abstract

Pembelajaran anak usia dini adalah pendekatan pengembangan yang ditujukan untuk anak-anak sejak lahir hingga usia delapan tahun dilakukan melalui pemberian stimulus Pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan spiritual sehingga anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut. Untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak maka dibangunlah game edukasi. Game edukasi adalah game yang menerapkan materi pembelajaran dan sisipan pendidikan ke dalam game. Game edukasi yang akan dikembangkan adalah game untuk melatih anak usia dini terutama yang berusia empat hingga enam tahun untuk bisa mengenal huruf, angka, objek dan berhitung. Game edukasi pembelajaran anak usia dini ini diterapkan ke dalam sistem Android. Dan untuk penentuan soal kuis menggunakan Linear Congruent Method (LCM). Metode Linear Congruent Method (LCM) adalah salah satu metode generator nomor acak, dimana penentuan konstanta LCM (a, c dan m) akan menentukan apakah angka acak diperoleh dalam arti memperoleh angka acak seolah-olah tidak terjadi perulangan

Downloads

Published

2024-01-25