Perancangan Website E-commerce Barang Bekas Dengan Metode Agile Programming
DOI:
https://doi.org/10.31294/jasika.v4i01.3541Keywords:
E-Commerce, Barang Bekas, Agile ProgrammingAbstract
Peningkatan penggunaan teknologi informasi, terutama internet, telah mengubah pola perilaku masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk cara berbelanja dan berbisnis. E-commerce telah menjadi fenomena global yang mengubah paradigma tradisional belanja. Di Indonesia, e-commerce mengalami lonjakan signifikan, terutama sejak pandemi COVID-19, yang mendorong peralihan ke belanja online. Dalam ekosistem e-commerce yang kompetitif, inovasi dan adaptasi teknologi menjadi penting. Salah satu segmen yang mendapat perhatian adalah perdagangan barang bekas, yang menawarkan alternatif ekonomis dan ramah lingkungan. Agile Programming, dengan iterasi pendek dan siklus berulang, mendukung pengembangan perangkat lunak yang responsif terhadap perubahan. Penelitian ini berfokus pada perancangan website e-commerce barang bekas menggunakan metode Agile Programming untuk mendukung UMKM Eastcare. Aplikasi yang dikembangkan membantu mengkomputerisasi proses bisnis, memudahkan pengelolaan data, dan mempromosikan jasa serta produk. Diharapkan, website yang dihasilkan akan fungsional, user-friendly, dan adaptif terhadap perubahan pasar dan teknologi, serta menjadi referensi bagi pengembang lain dalam penerapan metode Agile Programming.
References
Adiratna, Y. R. N., & Sukaris, S. (2022). Evaluasi Penerapan E-Commerce Pada Perusahaan Distributor Pt Panahmas Dwitama Distrindo Jember. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 1533–1541.
Ariesta, A., Dewi, Y. N., Sariasih, F. A., & Fibriany, F. W. (2021). Penerapan Metode Agile Dalam Pengembangan Application Programming Interface System Pada Pt Xyz. Jurnal CoreIT: Jurnal Hasil Penelitian Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 7(1), 38. https://doi.org/10.24014/coreit.v7i1.12635
Erwin, Subagyo, A. D., Masliardi, A., Heluwakan Hansopa, S., Kurniawan, S. D., & Darmanto, E. B. (2023). Bisnis Digital (Strategi dan Teknik Pemasaran Terkini) (1st ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Prajanti, S. D. W., Sumastuti, E., & Euis, T. P. (2016). UMKM Jejak, Aksi, & Solusi Saat Pandemi. In Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Semarang (ISEI Semarang) dengan Fastindo (Vol. 5, Issue 1).
Pratama, B. A., Proboyekti, U., & Wijana, K. (2021). Penerapan Metode User Centered Design (UCD) Dalam Pembangunan Layanan Online Jual Beli Barang Bekas. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 4(1), 33–43. https://doi.org/10.21460/jutei.2020.41.192
Rizkyansyah, S. F., Rachman, R., Studi, P., Informasi, S., Adhirajasa, U., & Sanjaya, R. (2022). Aplikasi Perbaikan Barang Bekas dengan Menerapkan Metode Agile Berbasis Website (UMKM Eastcare). E-PROSIDING SISTEM INFORMASI Vol., 3(1), 118–127.
Saputra, A. Z., & Fauzi, A. S. (2022). Pengolahan Sampah Kertas Menjadi Bahan Baku Industri Kertas Bisa Mengurangi Sampah di Indonesia. Jurnal Mesin Nusantara, 5(1), 41–52. https://doi.org/10.29407/jmn.v5i1.17522