PERANCANGAN DESAIN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Authors

  • Wisella Andiani mahasiswa
  • Asri Wahyui

DOI:

https://doi.org/10.31294/jasika.v4i01.3145

Keywords:

Empathize, Define, Ideate, Prototype, UI/UX

Abstract

Penelitian ini membahas perancangan UI/UX Website PT. Virama Karya yang melibatkan proses dari tahap Empathize, Define, Ideate, hingga Prototype. Proses Empathize dilakukan melalui pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan pengguna. Hasil kuesioner menunjukkan sejumlah permasalahan pengguna, seperti tampilan yang kurang menarik dan kebingungan bagi pengguna pemula. Tahap Define melibatkan penjabaran permasalahan yang ditemukan pada tahap Empathize menjadi pain points, dengan fokus pada aspek UI dan UX. Proses ini juga melibatkan metode How Might We untuk merumuskan pertanyaan sebagai dasar solusi. Pada tahap Ideate, penelitian menghasilkan sitemap untuk memperjelas navigasi website. Wireframe dibuat untuk halaman Beranda, Dashboard Menu, dan Halaman Laporan. Proses ini dilakukan dengan tujuan menciptakan solusi inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tahap prototipe melibatkan pembuatan desain antarmuka yang bersifat High-Fidelity, dengan mengikuti style guide yang mencakup komponen visual seperti warna dan font. Tampilan yang dihasilkan untuk Halaman Beranda, Dashboard Menu, dan Halaman Laporan mengintegrasikan perbaikan berdasarkan feedback pengguna, seperti penambahan gambar untuk meningkatkan estetika dan perubahan pada icon menu. Dengan demikian, skripsi ini menyajikan langkah-langkah perancangan UI/UX Website PT. Virama Karya, mulai dari identifikasi masalah hingga solusi konkret berupa prototipe dengan desain yang lebih menarik dan sesuai kebutuhan pengguna.

References

Design Thinking. LOGIC: Jurnal Ilmu Komputer …, 1(4), 839–853. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2193

Ariani, F., Taufik, A., & Arsanti, A. (2022). Application Of Design Thinking Method For Ui And Ux Design In Ngajiyuk Application. Journal of Information System, Informatics and Computing, 6(2), 425–440. https://doi.org/10.52362/jisicom.v6i2.940

Company_Profile_VK_2023.pdf. (n.d.).

Sinaga, K. (2022). Implementasi Teknologi Untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Korporasi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 42. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2007

Wang, M. B. A., & Erandaru, E. (2022). Studi Perbandingan Teori Dan Praktek Perancangan Ui/Ux Saat Internship Di Atdawn. Jurnal DKV Adiwarna, 1(121), 9.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Andiani, W., & Wahyui, A. (2024). PERANCANGAN DESAIN UI/UX MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Sistem Informasi Akuntansi (JASIKA), 4(01), 1-10. https://doi.org/10.31294/jasika.v4i01.3145

Issue

Section

Articles