Sistem Kendali Lampu Berbasis Iot Menggunakan Aplikasi Blynk 2.0 Dengan Modul Nodemcu Esp8266

Authors

  • Amalia Herlina Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Mohammad Irfan Syahbana Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Muhammad Adi Gunawan Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo
  • Mohammad Miftahul Rizqi Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31294/instk.v3i2.1532

Keywords:

Blynk 2.0, NodeMcu ESP8266, Sistem Kendali Lampu

Abstract

Internet of Things (IOT) merupakan teknologi untuk mengendalikan, mengatur, mentransfer data dari perangkat keras (hardware) melalui jaringan internet. Dalam implementasinya, pada IOT terdapat konektivitas antara perangkat keras, IOT platform/IOT software, data, dan koneksi internet sebagai media komunikasi dan kontrol pada perangkat tersebut. Perangkat keras pada IOT terdiri dari mikrokontroler sebagai otak, perangkat yang dikendalikan dan perangkat lain sebagai alat pengendali. Pada implementasi IOT, perangkat-perangkat keras yang dikendalikan terhubung dengan internet menggunakan IOT platform, yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengumpulkan data dari berbagai perangkat keras, menyimpan dan menampilkan data, mengontrol perangkat dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem kendali lampu berbasis IOT menggunakan versi baru dari Blynk, yaitu Blynk 2.0.  Sistem kendali yang dibuat menggunakan modul NodeMCU ESP8266, Arduino dan Sensor Arus PZEM 004T V3. Sebagai pengendali digunakan aplikasi Blynk 2.0. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Rumah tinggal tempat sistem kendali lampu berbasis IOT diimplementasikan, dibuat sebagai sebuah prototype. Tahapan penelitian dibagi dalam tiga tahapan kegiatan, yaitu Tahap Perancangan Alat, Tahap Pembuatan Alat dan Tahap Pengujian Alat.  Dari hasil pengujian alat secara keseluruhan dapat diketahui bahwa alat dapat berfungsi dengan baik. Sistem kendali berfungsi dengan baik pada jangkauan internet dengan jarak maksimal 25 meter. Sistem monitoring dapat membaca tegangan dengan baik di mana saat input aplikasi Blynk 2.0 dimulai (on), aplikasi dapat membaca output tegangan sebesar 12V dan ditampilkan dilayar smartphone.

References

Adani, F., & Salsabil, S. (2019). Internet of Things: Sejarah Teknologi Dan Penerapannya. Isu Teknologi Stt Mandala, 14(2), 92–99. https://www.ejournal.sttmandalabdg.ac.id/index.php/JIT/article/view/162/141

Adi, B., & Herlina, A. (2019). Smart Home With Smart Control, Berbasis Bluetooth Mikrokontroller. Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM), 1(1). https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/jeecom/article/view/883/pdf

Agustini, A. A. (2021). Monitoring Pemakaian Arus Listrik pada Alat Rumah Tangga dengan menggunakan Aplikasi Blynk berbasis Internet of Things. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 214–218. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/article/view/1576

Artiyasa, M., & Kusumah, I. H. (2020). Studi Perbandingan Platform Internet of Things (IoT) untuk Smart Home Kontrol Lampu Menggunakan NodeMCU dengan Aplikasi Web Thingspeak dan Blynk. Fidelity: Jurnal Teknik Elektro, 2(1), 59–78.

Gunawan, I., Akbar, T., & Ilham, M. (2020). Prototipe Penerapan Internet Of Things (Iot) Pada Monitoring Level Air Tandon Menggunakan Nodemcu Esp8266 Dan Blynk. Infotek: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 3(1), 1–7. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/infotek/article/view/1789

Ibrahim, A. M., & Setiyadi, D. (2021). Prototype Pengendalian Lampu dan AC Jarak Jauh dengan Jaringan Internet menggunakan Aplikasi Telegram berbasis NODEMCU ESP8266. Infotech: Journal of Technology Information, 7(1), 27–34. http://www.jurnal.kampuswiduri.ac.id/index.php/infoteh/article/view/103

Nahdi, F., & Dhika, H. (2021). Analisis Dampak Internet of Things ( IoT ) Pada Perkembangan Teknologi di Masa Yang Akan Datang. INTEGER: Journal of Information Technology, 6(1), 33–40. http://ejurnal.itats.ac.id/integer/article/view/1423/1572

Permana, F. S., Putro, M. N. S., & Suwartika, R. (2021). Pemanfaatan Teknologi Cloud Blynk Dalam Sistem Kontrolling Stop Kontak Lampu Rumah Berbasis Aplikasi Android. JUTEKIN (Jurnal Teknik Informatika), 9(2). http://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jutekin/article/view/522

SAEPUL, A. (2021). PEMANFAATAN INTERNET OF THINGS (IOT) DALAM PENGENDALIAN LAMPU DAN KIPAS BERBASIS ANDROID [Nusa Putra University]. http://repository.nusaputra.ac.id/id/eprint/193/

Ulrich; Eppinger. (2001). Perancangan dan Pengembangan Produk. Salemba Teknika.

Yudho Yudhanto, & Abdul Azis. (2019). Pengantar Teknologi Internet of Things (IoT) - Google Books. UNS Press. https://www.google.co.id/books/edition/Pengantar_Teknologi_Internet_of_Things_I/lK33DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=arduino+Uno+spesifikasi&pg=PA129&printsec=frontcover

Published

2022-11-30

How to Cite

Herlina, A., Syahbana, M. I. ., Gunawan, M. A. ., & Rizqi, M. M. . (2022). Sistem Kendali Lampu Berbasis Iot Menggunakan Aplikasi Blynk 2.0 Dengan Modul Nodemcu Esp8266. INSANtek, 3(2), 61-66. https://doi.org/10.31294/instk.v3i2.1532