Penggunaan Metode Design Thinking untuk Perancangan UI/UX Aplikasi Rainbow Kids

Penulis

  • Nur Alam Universitas Bina Sarana Informatika
  • Fattya Ariani Universitas Nusa Mandiri
  • Khairul Rizal Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/ijcs.v2i1.1890

Kata Kunci:

UI/UX, Design Thinking, Aplikasi Mobile

Abstrak

Rainbow Kids adalah sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yang saat ini masih menggunakan WhatsApp untuk mengabadikan dan membagikan perkembangan anak selama kegiatan belajar mengajar di sekolah. Namun, metode ini dianggap kurang efektif bagi tenaga pendidik dan informasi yang disampaikan kepada orang tua murid pun kurang lengkap. Oleh karena itu, sedang dikembangkan sebuah aplikasi mobile dengan desain UI/UX sebagai solusi bagi tenaga pendidik untuk memudahkan proses informasi kepada orang tua tentang kegiatan belajar mengajar dan perkembangan anak. Proses desain aplikasi ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahap: Empathize (mengumpulkan masalah), Define (mendefinisikan permasalahan), Ideate (menghasilkan ide dan inovasi), Prototype (kerangka desain), dan Testing (pengujian hasil). Aplikasi yang dirancang memiliki beberapa menu yang diharapkan dapat memberikan panduan bagi orang tua dalam menemani tumbuh kembang anak di rumah. Penelitian ini menghasilkan prototype aplikasi Rainbow Kids dengan nilai performance sebesar 73 dan termasuk kedalam kategori acceptable. Diharapkan aplikasi Rainbow Kids dapat membantu tenaga pendidik dalam proses memberikan informasi tentang perkembangan anak dengan lebih cepat dan efektif kepada orang tua.

Referensi

Dwi Aulia, D., Aminah, S., & Sundari, D. (n.d.). Perancangan Prototype Tampilan Antarmuka Berbasis Web Mobile Pada Toko Amira Kosmetik.

Fandy. (2022, June 2). Design Thinking: Pengertian, Tahapan, dan Contoh Penerapannya. Https://Www.Gramedia.Com/Literasi/Design-Thinking/.

Fauzia, S., Eka, F., Syaripudin, U., & Ichsani, Y. (2018). Perancangan Prototype Tampilan Antarmuka Pengguna Aplikasi Web kamardagang.com dengan Teknik Flat Design pada PT. Selaras Utama Internasional. Jurnal Teknik Informatika, 9(2). https://doi.org/10.15408/jti.v9i2.5606

Febrialismanto, F., & Hidayatun, N. (2020). Hubungan Aktivitas Penggunaan Teknologi Untuk Pembelajaran Pengembangan Oleh Guru PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD Lectura, 3(02), 28–39. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i02.3886

FK UGM, K. P. (2017, August 15). Peran Keluarga dalam Upaya Tumbuh Kembang Anak. https://kanalpengetahuan.fk.ugm.ac.id/peran-keluarga-dalam-upaya-tumbuh-kembang-anak/

Harijanto, B., Putri, I. K., Hani’ah, M., Wijayaningrum, V. N., & Ratsanjani, M. H. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Tumbuh Kembang Balita di Posyandu Rajawali Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. JABN, 2(2), 48–61. https://doi.org/10.33005/jabn.v2i2.75

Muliadi Wijaya, A. (2011, February 11). Kebutuhan Dasar Anak untuk Tumbuh Kembang Yang Optimal. Https://Kesmas.Kemkes.Go.Id/Konten/133/0/021113-Kebutuhan-Dasar-Anak-Untuk-Tumbuh-Kembang-Yang-Optimal.

Novita Kurnia Ningrum, Wahyu Mulyono, I. U., & Umami, Z. (2022). Rancang Bangun Design UI/ UX pada Aplikasi PANTAU menggunakan Pendekatan Design

Nurhadryani, Y., Sianturi, S. K., Hermadi, I., & Khotimah, H. (n.d.). Pengujian Usability untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile Usability Testing to Enhance Mobile Application User Interface. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jika

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-21

Terbitan

Bagian

Articles