Perancangan Dan Pembuatan Game “Wisata Masa Depan (Wemade)” Menggunakan Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle)

Penulis

  • Shabian Arsyl Yonanta Universitas Negeri Surabaya
  • Moch Yogi Firmansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Dita Aulia Universitas Negeri Surabaya
  • Diana Novita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Amalia Ramadhani Amanda Universitas Negeri Surabaya
  • Dodik Arwin Dermawan Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31294/ijcs.v2i1.1665

Kata Kunci:

Game, Unity, Objek Wisata, MDLC

Abstrak

Surabaya dan Yogyakarta merupakan kota di pulau Jawa yang memiliki potensi objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan, sehingga dapat mendatangkan pendapatan bagi perkembangan ekonomi kedua kota tersebut. Namun, terdapat beberapa masyarakat saat ini masih belum mengetahui objek wisata apa saja yang terdapat di kota tersebut, karena kurangnya pengetahuan. Untuk menumbuhkan pengetahuan mengenai objek wisata diperlukan strategi promosi dari berbagai media, salah satunya melalui media game. Perkembangan teknologi sekarang, game tidak hanya sebagai sarana hiburan tetapi juga sebagai sarana edukasi. Pengembangan aplikasi game “WeMade” berbasis desktop ini digunakan sebagai media promosi untuk memperkenalkan keindahan objek wisata yang ada di Kota Surabaya dan Yogyakarta, selain itu terdapat kuis sebagai pembeda antara game WeMaDe dengan game lain. Dalam perancangan dan pembuatan game ini, menggunakan Game Engine Unity dengan tema objek wisata Kota Surabaya dan Yogyakarta. Metodologi yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan game ini adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC).

Referensi

Angreni, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Disertai Lks Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Kelas Ix Smp. Scientiae Educatia, 6(1), 36. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v6i1.1293.

Atmojo, W. T., Nurwidya, F. F., & Dazki, E. (2019). Media Pembelajaran Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. Seminar Nasional APTIKOM, 126–134.

Borman, R. I., & Purwanto, Y. (2019). Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika, 5(2), 119–124.

Cerita Hosting, 2021. MDLC (Multimedia Development Life Cycle): Metode Pemilihan Pembutan Aplikasi Sistem Informasi. (https://ceritahosting.com/2021/08/09/mdlcmultimedia-development-life-cyclemetode-pemilihan-pembuatan-aplikasi-sistem-informasi/, diakses 28 September 2022).

Chrystanti, Y. C. (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas Putra Sumberharjo. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(3), 23–29.

Dyah, U., Noviyanti, E., & Aly, N. (2018). POTENSI PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA LAWAS MASPATI SEBAGAI Program Studi DII Kepariwisataan / Bina Wisata , Fakultas Vokasi , Universitas Airlangga Jalan Srikana No . 65 Surabaya. 3(June), 218–231. https://www.researchgate.net/profile/Upik-Noviyanti-2/publication/343294282_POTENSI_PENGEMBANGAN_KAMPUNG_WISATA_LAWAS_MASPATI_SEBAGAI_DESTINASI_WISATA_BARU_SURABAYA/links/5f21abcc458515b729f131c1/POTENSI-PENGEMBANGAN-KAMPUNG-WISATA-LAWAS-MASPATI-SEBAGAI-D

Fakhriyanur. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif teknik Animasi 2 Dimensi Berbasis Adobe Flash Untuk Siswa kelas XI Multimedia Di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. In Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika (Vol. 05, Issue 02).

Junus, E., Kusuma, N., Arjuna, V. F., Tandi, W., Alif, M. N., & Hetty Primasari, C. (2021). Game Edukasi Tebak Warna Untuk Murid TK. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4148

Kusantati, H., Marlina, & Wiana, W. (2014). Evaluasi Multimedia Interaktif Berbasis. Invotec, X(1), 35–46.

Pontororing, N., Sengkey, R., & Tulenan, V. (2016). Game Pengenalan Objek Wisata Kota Tomohon. Jurnal Teknik Informatika, 7(1). https://doi.org/10.35793/jti.7.1.2016.10773

Raranta, R. F., Sinsuw, A., & A. Sugiarso, B. (2017). Pengenalan Teks pada Objek-Objek Wisata di Sulawesi Utara dengan Teknologi Augmented Reality. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 2–6. https://doi.org/10.35793/jti.12.1.2017.17851

Sains, J., Pariwisata, T., Reserved, A. R., Maspati, K. L., & Maspati, K. L. (2018). 218 J-STP Vol.3 No. 2 | Juni 2018. 3(2), 218–231.

Shalih, P. R., & Irfansyah, I. (2020). Perancangan Game Berbasis Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Tentang Tokoh Pahlawan Indonesia Masa Kini untuk Generasi Z. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(2), 83–92. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i2.26690

Sugiarto, H. (2018). Penerapan Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Abjad Dan Angka. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), Vol.3 No.1(1), 26–31.

Suryadi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3(1), 8. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.352

Tjahyadi, M., Sinsuw, A., Tulenan, V., & Sentinuwo, S. (2015). Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D. Jurnal Teknik Informatika, 4(2), 1–6. https://doi.org/10.35793/jti.4.2.2014.6990.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-21

Terbitan

Bagian

Articles