Implementasi Data Keuangan Menggunakan Zahir Accounting Pada Toko Perabotan Aulia

Penulis

  • Meli Zulyanti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Sifa Fauziah Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/akasia.v2i1.1094

Kata Kunci:

implementasi, Data Akuntansi, zahir accounting

Abstrak

Sebuah aplikasi keuangan adalah salah satu solusi untuk menghindari kesalahan dan pengerjaan data keuangan sebanyak dua kali untuk setiap membuat laporan keuangan. Walaupun sudah era digitalisasai masih ada proses bisnis yang dilakukan secara konvesional, walaupun menggunakan komputer namun belum maksimal karena belum terintegrasi dengan sistem yang ada, prosesnya, memakan waktu yang lama dan kurang akurat. Metode yang digunakan untuk penelitian ini yaitu menggunaan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Implementasi Zahir Accounting diharapkan mempermudah dalam proses pencatatan data keuangan pada toko Perabotan Aulia. Perabotan Aulia adalah perusahaan dibidang perdagangan yang masih menggunakan pencatatan konvensional seperti laporan keuangan dan transaksi, dengan masih menggunakan pencatatan manual kemungkinan akan terjadi banyak kesalahan dalam perhitungan dan pencatatan data keuangan, tidak dapat melihat grafik perkembangan laporan keuangan. Jika menggunakan aplikasi Zahir Accounting dari segi penyimpanan data keuangan akan lebih aman dan rapi.

Referensi

Majdina, N., Rahman, H., & Muryani, S. (2017). Aplikasi akuntansi untuk menyusun laporan keuangan. 1(2), 155–168.

Rachmawati, S., Amalia, H., & Retnasari, T. (2021). Efektifitas Pemanfaatan Aplikasi Zahir Accounting Dalam Pembuatan Laporan Keuangan Pada Rumah Tahfidz & TPQ Sakinah. Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 27. http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/abdi-ekbis/article/view/252

Sarapi, N. M., Pangemanan, S. S., & Gerungai, N. Y. T. (2022). Analisis Pengukuran Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added ( EVA ) Dan Financial Value Added ( FVA ) Pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Periode 2018-2020. LPPM Bidang EkoSosBudKum (Ekonomi, Sosial, Budaya, Dan Hukum), 5(2), 399–406.

Sarwani, Syamsiah, N. O., & Dina, F. (2018). Pemanfaatan Perangkat Lunak Akuntansi untuk Menghasilkan Laporan Keuangan pada PT . PNM ULaMM PTPM Pontianak. Jurnal Moneter, Vol-5(1), 105–118. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/3611/2337

Wulandari, A. P., & Nuraeni, N. (2021). Penerapan Aplikasi Zahir Accounting dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada PT . Mitra Flexitech Berdikari Jakarta. 1, 70–76.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-26