Efektifitas Pemanfaatan Aplikasi Zahir Accounting Dalam Pembuatan Laporan Keuangan Pada Rumah Tahfidz & TPQ Sakinah

Authors

  • Susan Rachmawati UBSI
  • Hilda Amalia
  • Tri Retnasari

Keywords:

Laporan Keuangan, Rumah Tahfiz dan TPQ Sakinah, Zahir

Abstract

Mitra dalam program ini adalah Yayasan Patra Ilmu Sakinah (PIS) yang merupakan lembaga pendidikan Al-Qur’an di Munjul Kec. Cipayung Jakarta Timur. Rumah Tahfidz & TPQ Sakinah ingin mencetak hafidz -hafidzah dan mencetak kader yang berakhlaq Qur’ani. Dengan animo masyarakat yang semakin tinggi, jumlah santri yang tiap bulannya bertambah maka Rumah Tahfidz & TPQ Sakinah akan terus menambah sarana dan prasarana sebagai penunjang pendidikan para santri. Rumah Tahfidz & TPQ Sakinah berkomitmen menyelenggarakan pendidikan yang bisa mengantarkan santri yang hafal quran yang mampu menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari dan juga mampu meraih prestasi. Berdasarkan inilah peneliti sangat tertarik untuk mengkaji lebih lanjut melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat. Kendala yang dialami oleh manajemen Rumah Tahfidz & TPQ Sakinah yaitu pengelolaan dalam keuangan untuk menghasilkan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu karena selama ini laporan keuangan yang dihasilkan tidak akurat dan tepat waktu hal itu menyebabkan manajemen kesulitan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan keuangan. Pengabdian masyarakat ini dilakukan secara offline dengan mengikuti protokoler kesehatan. Hasil dari pengabdian ini adalah kemampuan manajemen dari Rumah Tahfidz & TPQ Sakinah dalam menghasilkan laporan keuangan meningkat.

 

References

Krismiaji. (2015). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: IPP AMP YKPN.

Putri, K. R. (2018). SISTEM INFORMASI TRANSAKSI KEUANGAN PADA PT AULIA PRIMA ALAMI DEPOK. JURNAL SWABUMI,6(2) , 149–158.

Rachmawati, S., & Nurjanah. (2017). Implementasi Data Keuangan Dengan Zahir Accounting Pada PT. Anugerah Analisis Sempurna. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Bisnis Manajemen , Vol. 5 No.2, 267-273. E-ISSN : 2548-9836.

Sari, D. I. (2019). Penerapan Zahir Accounting Versi 5.1 Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pada PT. Citarum Borneo Quantum. Moneter, 6 (1) , 29-38.

Yuswanto, L. S. (2013). Komputerisasi Akuntansi dengan Zahir Accounting. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Downloads

Published

2021-03-23

Issue

Section

Articles