Pelatihan Teknologi Dan Literasi Media Digital di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Taqi Setu Kabupaten Bekasi

Authors

  • Nur Lutfiyana Universitas Nusa Mandiri
  • Ani Yoraeni Universitas Nusa Mandiri
  • Syafrianto Syafrianto Universitas Nusa Mandiri
  • Juarni Siregar Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/abditeknika.v3i1.1724

Keywords:

Information technology, learning media, web blogs

Abstract

Mitra pada PM ini adalah pesantren Taqi Setu Bekasi, dalam sistem pembelajaran nya sudah menggunakan internet hanya saja belum optimal dalam pemanfaatan teknologi tersebut. Permasalahahan yang dihadapi mitra adalah yaitu penggunaan pemanfaatan teknologi Informasi masih belum optimal sebagai media pembelajaran, Terbatasnya pengetahuan dan kemampuan guru pengajar dalam menggunakan media pembelajaran dan media pembelajaran hanya sebatas menggunakan aplikasi whastapp. Solusi yang ditawarkan oleh tim PM yaitu untuk menyelasaikan permasalahan yang di hadapi mitra dengan di adakannya pelatihan pemanfaatan tekmologi literasi media digital web blog sebagai media pembelajaran. Metode pelaksanaan dari PM ini terdri dari survey lapangan, perizinan, analisa masalah, solusi malasalah, peksanaan, evaluasi dan pelaporan. Hasil luaran 87% di capai pada kegiatan ini adalah Meningkatnya kemampuan mitra dalam pemanfaatan teknologi informasidan kemampuan mitra dalam pembuatan media pembelajaran.

 

The partner for this PM is the Taqi Setu Bekasi Islamic boarding school, in its learning system it already uses the internet but it's just not optimal in utilizing this technology. The problem faced by partners is that the use of information technology is still not optimal as a learning medium, limited knowledge and ability of teaching teachers to use learning media and learning media is only limited to using the WhatsApp application. The solution offered by the PM team is to solve the problems faced by partners by holding training on the use of web blog digital media literacy technology as a learning medium. The PM implementation method consists of field surveys, permits, problem analysis, problem solutions, implementation, evaluation and reporting. The output that will be achieved in this activity is the increasing ability of partners in the use of information technology and the ability of partners in making learning media.

References

Buckingham, D., 2007. Digital Media Literacies: Rethinking Media Education in the Age of the Internet. Research in Comparative and International Education. Volume Volume 2, p. Number 1.

Imam Mawardi, N. D. S. A. B., 2020. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Budaya Islami Sekolah Di MI Muhammadiyah Sidorejo. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat.

Iriantara, Y., 2009. Literasi Media. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Junaidi, A., Yani, A., & Wahyudin, W. (2021). Sosialisasi adaptasi kebiasaan baru di masa Pandemi COVID-19 untuk ibu-ibu PKK Kelurahan Gembor, Tangerang. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 8-12.

Kurnia, D. N. d., 2018. Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di Upt Perpustakaan Itenas. Edulib, Volume vol.8.

Littlejohn, S. W. a. K. A. F., 2014. Teori Komunikasi, Theoris of Human. Jakarta: Jakarta: Salemba Humanika.

Lutfiyana, N., 2022. Pemanfaatan Twibbon Sebagai Branding Sosial Media. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Volume Vol.2, pp. 27-35.

M. D. Adnjani, D. M. K. a. U. M., 2021. Pendampingan Literasi Digital Kampung KB RW 2 Kelurahan Gedawang Banyumanik Kota Semaran. War. LPM, vol. 24, no. 2(doi: 10.23917/warta.v24i2.10705), p. pp. 167–175.

O. A. K. Shavab, “. S. d. B. J. S. B. d. P., 2020. Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Edmodo Pada Pembelajaran Sejarah. Vol. 14, no. 2, (doi: 10.17977/um020v14i22020p142-152.), p. p. 142.

Pratiwi, N. d. P. N., 2017. Pengaruh Literasi Digital terhadap Psikologis anak dan remaja. Jurnal Semantik, Volume Vol 6, (1), pp. 11-24.

Pritanova, N. P. a. N., 2017. Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja. Semantik, vol. 6, no. 1(doi: 10.22460/semantik.v6i1p11.250), p. p. 11.

R. V. B. Ginting, D. A. C. M. W. L. a. A. P. S., 2021. Literasi Digital Sebagai Wujud Pemberdayaan Masyarakat di Era Globalisasi. J. Pasopati, vol. 3, no. 2(http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati), p. pp. 118–122.

Sartono, n.d. Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah,. Transformatika, Volume vol. 12, pp. p. 122, 2016.

Stefanny, S. d., 2017. Literasi digital dan pembukaan diri: studi korelasi penggunaan media sosial pada pelajar remaja di Kota Medan. Sosisglobal , Volume Vol.2, pp. 10-31.

Stillman, D. a. J. S., 2018. Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru Yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Terasne, T. D. P. A. S. I. M. P. U. a. A. H., 2020. Pelatihan Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Pada Masa Covid. Jurnal Abdimas, p. 2(3):95.

Downloads

Published

2023-04-02

How to Cite

Lutfiyana, N., Yoraeni, A. ., Syafrianto, S., & Siregar, J. (2023). Pelatihan Teknologi Dan Literasi Media Digital di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an Taqi Setu Kabupaten Bekasi. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 17-22. https://doi.org/10.31294/abditeknika.v3i1.1724

Issue

Section

Articles