Pelatihan Media Sosial Sebagai Media Informasi dan Publikasi Pada Organisasi Fatayat NU Ciledug Kota Tangerang

Authors

  • George W Bender Universitas Bina Sarana Informatika
  • Intan Leliana Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ita Suryani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Siti Qona’ah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Dinda Laela Putri Universitas Bina Sarana Informatika
  • Putri indrina Napitupulu Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/abdikom.v1i2.669

Keywords:

Media Sosial, Media Informasi, Publikasi

Abstract

Dalam perkembangannya media sosial dapat dimanfaatkan untuk berbagai ragam kepentingan, mulai menjalin pertemanan, kampanye program tertentu (pendidikan, sosial, agama, lingkungan, kesehatan, dan sebagainya), media informasi, publikasi sampai promosi. Mitra pengabdian masyarakat ini adalah organisasi Fatayat NU Ciledug Kota Tangerang yang tergolong pada mitra yang produktif secara ekonomi/ sosial. Organisasi Fatayat NU Ciledug beranggotakan laki-laki, perempuan dan juga anak-anak. Program kegiatan yang ada pada organisasi Fatayat NU Ciledug yaitu (1) kegiatan pengajian yang rutin dilakukan setiap minggu, (2) Kegiatan Unit Kegiatan Masyarakat (UKM) kegiatan yang sangat produktif yang dapat memberikan pendapatan/peluang bagi masyarakat dalam bidang wirausaha, (3) Kegiatan Jumuah Berkah di lakukan oleh ibu – ibu majelis Fatayat NU Kecamatan Ciledug yaitu dengan membagikan makanan/minuman dan perlengkapan solat kepada yang membutuhkan. Permasalahan yang terdapat pada mitra yakni belum maksimalnya pengelolaan media sosial sebagai media informasi dan publikasi serta belum maksimalnya SDM yang mengelola media sosial Fatayat NU Ciledug Kota Tangerang sehingga hal tersebut menjadi salah satu kendala. Solusi dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan cara memberikan pendampingan dan pengelolaan terkait pengembangan media sosial melalui hal-hal : a. bagaimana cara melakukan pengembangan media sosial yang mumpuni sesuai dengan kebutuhan informasi, b. bagaimana pengelola media sosial agar menjadi media informasi dan publikasi yang tepat sasaran dan sesuai tujuan c. Bagaimana menjaga isi dan tampilan media sosial agar menarik.

Kata Kunci: Media sosial, Media Informasi, Publikasi

Downloads

Published

2021-12-20