Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Pengalaman Pengguna untuk Media Promosi Aplikasi Progi Absensi
DOI:
https://doi.org/10.31294/simpatik.v5i1.4949Keywords:
antarmuka pengguna, Design thinking, pengalaman penggunaAbstract
Perancangan User Experience (UX) sangat krusial mengingat pesatnya pertumbuhan industri bisnis di Indonesia. UX yang baik tidak hanya meningkatkan kepuasan pengguna tetapi juga berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan bisnis. Dengan memprioritaskan pengalaman pengguna, perusahaan dapat meningkatkan tingkat konversi, membangun loyalitas, dan memperkuat posisi mereka di pasar yang semakin kompetitif. PT Emco Digital Indonesia, yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak dan keras, akan meluncurkan aplikasi Progi Absensi dan memerlukan media promosi untuk memberitahukan pengguna tentang aplikasi tersebut. Perusahaan belum menemukan solusi yang tepat dan juga memerlukan prototipe media promosi yang dapat digunakan segera. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi dalam menentukan media promosi yang tepat berdasarkan perancangan user experience. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan media promosi yang tepat dengan menerapkan metode Design thinking, serta menghasilkan desain media untuk mempromosikan aplikasi
Progi Absensi berdasarkan pendekatan Design thinking. Dengan menggunakan pendekatan Design thinking, penelitian ini diharapkan dapat mengatasi kebuntuan ini.
References
Ammar, F., Fami, A., Yusuf, I. F., & Fadhillah, D. (2023). Penerapan metode design thinking pada perancangan prototype aplikasi Waves Babel. Kohesi: Jurnal Multidisiplin Saintek, 01(09), 21–31.
Annisa, Z. N., & Wulansari, D. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Media Promosi di Staffee.ca Bouquet Sidoarjo. Neraca Manajemen, Ekonomi, 6(4). https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359
Ar Razi, A., Rizky Mutiaz, I., & Setiawan, P. (2018). Penerapan metode design thinking pada model perancangan UI/UX aplikasi penanganan laporan kehilangan dan temuan barang tercecer. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 03(02). http://bit.do/demandia
Ardiansyah, M. F., & Rosyani, P. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmu Komputer dan Pendidikan, 1(4), 839–853. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic
Candra Gunawan, A., & Susanti, F. (t.t.). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline di Kota Padang.
Harlim, K., & Setiyawati, N. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Majuli Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Information Technology Ampera, 3(2), 2774–2121. https://journal-computing.org/index.php/journal-ita/index
Jamilah, Y. S., & Padmasari, A. C. (2022). Perancangan User Interface dan User Experience Aplikasi Say.co. Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar, 9(1). https://ojs.unm.ac.id/tanra/
Kurniasari, E., Safitri, S. R., & Mardiana, M. (2022). Perancangan User Persona dan Customer Journey Map sebagai Representasi Pengguna Sistem Repository Perpustakaan Universitas Lampung. Journal of Documentation and Information Science, 5(1), 22–31. https://doi.org/10.33505/jodis.v5i1.176
Lewrick, M., Link, P., & Leifer, L. (2020). The Design Thinking Toolbox: A Guide to Mastering the Most Popular and Valuable Innovation Methods. Canada (CA): Wiley.
Rosmina Hiola, E., & Ichsan Gorontalo, U. (2022). Interaksi Pemanfaatan Media Promosi Pada Strategi Digital Marketing dan Perilaku Konsumen Terhadap Minat Beli Konsumen. PARADOKS Jurnal Ilmu Ekonomi, 5(4), 285–295.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Savira Putri Brimadyasti, Amata Fami, Muhamad Fahmi Fadillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.