Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi GoPay, DANA, dan OVO Menggunakan Metode PIECES
DOI:
https://doi.org/10.31294/jais.v5i01.7687Keywords:
Dompet Elektronik, Kepuasan, Metode PIECESAbstract
Laju pertumbuhan teknologi yang pesat mendorong digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan, meningkatkan efisiensi transaksi, dan memudahkan kehidupan dengan ekonomi digital. Pertumbuhan uang elektronik memunculkan dompet digital dan banyak perusahaan fintech yang menghadapi persaingan ketat. Strategi pemasaran yang efektif dan kepuasan konsumen menjadi kunci dalam mempertahankan posisi di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peringkat kepuasan pelanggan yang menggunakan aplikasi e-wallet GoPay, DANA, dan OVO dengan menggunakan metode PIECES. Metode ini memiliki enam variabel yang diaplikasikan untuk analisis, yaitu Performance, Information, Economy, Control and Security, Efficiency, dan Service. Deskriptif kuantitatif digunakan dalam analisis data penelitian ini dengan menyebar kuesioner kepada 200 responden mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika se-JABODETABEK yang menggunakan aplikasi dompet digital. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa aplikasi e-wallet GoPay memiliki nilai skala likert dengan rata-rata tertinggi yaitu 4,136 dengan kategori PUAS dibanding dengan dua aplikasi lainnya. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi GoPay secara umum memiliki tingkat kepuasan pengguna tertinggi diantara ketiga aplikasi tersebut.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sultan Nur Hadi Razaq, Achmad Baroqah Pohan, Deni Gunawan, Robi Aziz Zuama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









