Rancang Bangun Aplikasi Program Penjualan Pakaian

Authors

  • Alfan Barid Universitas Bina Sarana Informatika
  • Miftach Prayogo Dwitama Nayowan Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/reputasi.v1i1.47

Keywords:

Rancang Bangun Program, Penjualan Pakaian, Sistem Informasi

Abstract

Toko penjualan pakaian membutuhkan sekali adanya suatu program aplikasi yang menunjang kegiatan usahanya sehingga dapat meningkatkan pelayanan kepada para pelanggannya. Aplikasi komputer yang baik akan sangat membantu pengolahan data penjualan pakaian. Kasir melakukan input data, lalu sistem akan melakukan pengolahan data. Output akan tampil sesuai dengan kebutuhan. Untuk itu penelitian ini dilakukan mengenai perancangan program penjualan pakaian yang sampai saat ini belum terkomputerisasi. Sistem penjualan pakaian masih dilakukan secara manual. Mulai dari pengolahan data barang, pengolahan pelanggan, dan pengolahan data transaksi, hingga keluaran (output) yang berupa laporan untuk setiap bulannya. Kesalahan pencatatan mungkin akan terjadi jika dilakukan secara manual. Laporan yang dibuat bisa saja kurang akurat.  Penyampaian kepada pihak pengambil keputusan jadi terlambat. Oleh karena itu, peneliti menyarankan menggunakan aplikasi sebagai bentuk sistem yang sudah terkomputerisasi. Aktivitas-aktivitas usaha terakit penjualan pakaian menjadi lebih efektif dan efisien, data-data transaksi penjualan pakaian menjadi lebih terorganisir, dan kemungkinan terjadinya kesalahan dalam pengolahan data penjualan pakaian menjadi lebih kecil bila dibandingkan dengan pencatatan transaksi penjualan pakaian secara manual.

References

Frieyadie. 2007. Belajar Sendiri Pemprograman Database Menggunakan Foxpro 9.0. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Jogiyanto, H.M. 2008. Pengenalan Komputer Edisi 2. Yogyakarta : Andi Offset.

Jogiyanto, H.M. 2005. Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono. 2005. Pemrograman Terstruktur untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jawa Barat: Bagian Penerbitan Panji Gumilang Press.

Syaukani, M. 2006. Menguasai MS Foxpro 9. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2020-11-02

How to Cite

Barid, A. ., & Nayowan, M. P. D. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Program Penjualan Pakaian. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 22-26. https://doi.org/10.31294/reputasi.v1i1.47

Issue

Section

Articles