Implementasi Metode ROP Pada Perancangan Sistem Informasi Persediaan Produk Kecantikan pada CV BK Tasikmalaya

Authors

  • Herlan Sutisna Universitas Bina Sarana Informatika
  • Maulina Cahyati

Abstract

Pengelolaan data dengan teknologi informasi sudah bukan merupakan hal baru bagi dunia usaha. Banyak perusahaan yang telah menggunakan teknologi informasi untuk menunjang usahanya. Suatu perusahaan baik perusahaan besar maupun perusahaan kecil selalu membutuhkan data informasi seperti proses transaksi penjualan, persediaan barang atau produk yang merupakan aset untuk kemajuan perusahaanya. Tentunya untuk menentukan pengolahan data yang baik untuk menghasilkan informasi yang akurat diperlukan suatu metode yang digunakan dalam pengambilan keputusan, salah satu metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Reorder Point dan Safety Stock. Reorder Point adalah suatu titik ketika perusahaan harus mengadakan pemesanan kembali sedemikian rupa sehingga kedatangan atau penerimaan material yang dipesan itu tepat pada saat persediaan di titik nol atau pada tingkat safety stock. Dengan adanya sistem persediaan barang dengan metode Reorder point dapat dijadikan solusi dalam penentuan persediaan barang dan dengan sistem informasi berbasis web pengelolaan data menjadi lebih efektif dan efisien.

Kata Kunci: Perancangan Sistem Informasi, Persediaan Barang, Metode Reorder Point

References

As, R., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Informatika.

Bambang, R. (2012). Dasar-Dasar Pembelanjaan (Edisi 4). Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Hudori, M. (2018). Formulasi Model Safety Stock dan Reorder Point untuk Berbagai Kondisi Persediaan Material. Jurnal Citra Widya Edukasi, X(3), 217–224.

Ikhwanina, Q. (2017). Analisis Penentu Re-Order Point (ROP) Kedelai Untuk Kelancaran Proses Produksi Tempe Pada Raja Tempe Di Nganjuk Tahun 2015 (Vol. 01).

Imam, Riski Asari, Bambang, Henry Setyawan, Nurcahyawati, V. (2014). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Reorder Point. Sistem Informasi. Jurnal Sistem Informasi, 3(2).

Sheila Fathia Risky, E. (2016). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Data Pada Sistem Persediaan Dan Penjualan (Studi Kasus Pada Cv Prima Motor, Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 1(2), 45–58.

Sugiono, A. (2009). Manajemen Keuangan Untuk Praktisi Keuangan. Jakarta.: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Downloads

Published

2021-06-08

How to Cite

Herlan Sutisna, & Cahyati , M. (2021). Implementasi Metode ROP Pada Perancangan Sistem Informasi Persediaan Produk Kecantikan pada CV BK Tasikmalaya. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 37-41. Retrieved from http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/reputasi/article/view/335

Issue

Section

Articles