PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB PADA KELURAHAN JATIMULYA DEPOK

Authors

  • Aries Nur Arifin Universitas Nusa Mandiri
  • Eni Heni Hermaliani Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/reputasi.v5i1.3168

Abstract

Pengembangan sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK) di Kelurahan Jatimulya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kepada penduduk. Metode manual yang saat ini digunakan menyebabkan proses permohonan surat keterangan menjadi kurang efisien dan akurat. Penelitian ini menggunakan metode waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, dan implementasi aplikasi berbasis web. Sistem SIAK yang diimplementasikan memungkinkan penduduk mengajukan permohonan surat keterangan secara online, serta memudahkan petugas dalam verifikasi dan pengelolaan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem SIAK dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan pelayanan, serta meningkatkan keakuratan data. Sistem ini juga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi penduduk. Temuan ini penting karena menunjukkan bahwa sistem informasi dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan perlunya adopsi teknologi dalam pelayanan publik untuk meningkatkan kepuasan masyarakat.

Author Biography

Aries Nur Arifin, Universitas Nusa Mandiri

Sistem Informasi

References

Fathya, A., Sumarna, Hafis, N., & Riki, S. (2023). Implementasi Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Fathya, A., Sumarna, Hafis, N., & Riki, S. (2023). Implementasi Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Pada Kelurahan Ragunan. Jurnal Abdimas Nusa Mandiri, 5(1), 42–47.

Fauzia, H. R., & Theresiawati. (2022). Aplikasi Bank Sampah Berkah Melimpah Berbasis Website Pada Kelurahan Nanggewer. Jurnal Informatik, 18(2), 131–142.

Hari, S., Heru, S. P., & Aditya, P. (2019). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kelurahan Pada Kelurahan Pasar Baru Kota Tangerang. Journal Of Technology Information, 5(2), 99–104.

Ian Sommerville. (2022). Software Engineering. Pearson Education.

L. Kenneth C, J. P. L. (2022). Sistem Informasi: A Brief Introduction. Salemba Empat.

M. Soleh, L. S. (2022). Administrasi Pemerintahan Kelurahan: Teori Dan Praktik. PT Rajagrafindo Persada.

N. P. Andya, & W. Emmy. (2020). Sistem Informasi Administrasi Lansia Di Kelurahan Babat Jerawat Surabaya Berbasis Web. Jurnal Melekit, 6(2), 13–24.

R. A.S, M. S. (2021). System Development Life Cycle (Sdlc): Konsep dan Aplikasi. Informatika Bandung.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sutadi. (2020). Administrasi Pemerintahan Desa Dan Kelurahan. Pustaka Setia.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Arifin, A. N. ., & Heni Hermaliani, E. (2024). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI LAYANAN KEPENDUDUKAN BERBASIS WEB PADA KELURAHAN JATIMULYA DEPOK. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 5(1), 9-14. https://doi.org/10.31294/reputasi.v5i1.3168

Issue

Section

Articles