Rekayasa dan Uji Sistem Informasi Irigasi Tradisional Bali (Subak) dengan Metode Kualitas Persepsi Pengguna Akhir

Authors

  • Gde Brahupadhya Subiksa Politeknik Negeri Bali
  • Made Pasek Agus Ariawan
  • Ida Bagus Adisimakrisna

DOI:

https://doi.org/10.31294/reputasi.v4i2.2320

Keywords:

sistem informasi, uji kualitas, pengguna akhir

Abstract

Salah satu warisan budaya tradisional yang terkenal dan terjaga di Bali, Indonesia, adalah sistem irigasi Subak. Subak adalah sebuah organisasi sosial dan budaya yang mengatur pengelolaan air untuk pertanian di Bali. Sistem Subak ini yang masih lestari dan diakui sebagai warisan budaya tak benda terletak di Jatiluwih. Namun, banyak warisan budaya yang sering terlupakan seiring perkembangan teknologi informasi yang menciptakan berbagai aplikasi, situs web, dan sistem informasi online. Dalam era saat ini, sistem informasi memainkan peran penting sebagai sarana pengenalan dan dokumentasi yang efektif untuk warisan budaya. Pentingnya sistem informasi dalam konteks ini dapat dilihat dari beberapa alasan, seperti mempertahankan dan mendokumentasikan warisan budaya, pengarsipan dan aksesibilitas informasi, edukasi dan kesadaran publik, serta pelestarian dan perlindungan. Dalam penelitian ini, fokusnya adalah masalah terkait keterbatasan informasi tentang Subak Jatiluwih, ketidakvalidan sumber informasi, dan minat masyarakat yang lebih cenderung mencari informasi melalui gadget. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas warisan budaya Subak Jatiluwih yang terkenal namun belum memiliki sistem informasi khusus. Dengan demikian, diperlukan sistem digital yang dapat membantu calon pengunjung dalam mengakses informasi mengenai Subak Jatiluwih dan juga meningkatkan pengetahuan mereka. Penelitian ini membahas "Rekayasa dan Uji Sistem Informasi Subak Jatiluwih dengan Metode Persepsi Pengguna Akhir." Pemanfaatan sistem informasi berperan penting dalam mengenalkan warisan budaya secara inklusif, terjangkau, dan menarik bagi berbagai lapisan masyarakat. Sistem informasi mendukung pelestarian, promosi, dan pemahaman luas mengenai warisan budaya, menjaga agar warisan budaya tetap relevan di era digital. Dalam penelitian ini, Metode WebQual 4.0 digunakan untuk menguji kualitas sistem informasi Subak Jatiluwih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, nilai usability mencapai 86,13, nilai information quality sebesar 84,00, dan user satisfaction sebesar 82,00. Berdasarkan hasil ini, disimpulkan bahwa responden perempuan cenderung lebih setuju terhadap kualitas website daripada responden laki-laki. Penggunaan laptop atau komputer lebih memuaskan dibandingkan smartphone atau tablet dalam mengakses website ini. User satisfaction menjadi dimensi dengan nilai paling rendah dalam semua perbandingan. Meskipun demikian, website "Warisan Budaya Subak Jatiluwih" dinilai baik dan berhasil mencapai tujuan perancangan, meskipun memiliki kelebihan pada instrumen usability dan kekurangan pada instrumen user satisfaction.

References

Hidayah, I. (2022). Penerapan Metode Webqual 4.0 Untuk Analisis Kualitas Website STMIK El Rahma Terhadap Kepuasan Pengguna. Jurnal Informatika Komputer, Bisnis Dan Manajemen, 20(2), 87–99.

Y. Pratama, “Pengukuran Kualitas Website CDC Universitas Telkom Menggunakan Metode WebQual 4.0,” Pengukuran Kualitas, vol. 2, no. 1, pp. 1–5, 2018.

Warjiyono, W., & Hellyana, C. M. (2018). Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(2), 139.

Manik, A., Salamah, I., & Susanti, E. (2017). Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Elektro Dan Telekomunikasi Terapan, 4(1), 477.

Kartika, Risna., Kader, M. A & Prabowo, F., H., E. (2019). Pengukuran kualitas website fakultas ekonomi universitas galuh ciamis dengan menggunakan metode webqual 4.0. 6(April), 333–338.

Rahmatullah, S., Purnia, D. S., & Triasmoro, R. (2019). Analisis Kualitas Website Sekolah North Jakarta Intercultural School dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(2), 158–164.

Winarti, & Munggaran, L. C. (2014). Pengukuran Kualitas Situs Perguruan Tinggi Dari Sudut Pandang Pemakai Dengan Menggunakan WEBQUAL 4.0. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer Universitas Gunadarma, 6–14.

Mastra, K. N. L., & Dharmawan, R. F. (2018). Tinjauan User Interface Design Pada Website E-Commerce Laku6. Narada, 5(1), 83–94.

Aulia Putri Prasetyo, Z., Virgantara Putra, O., & Harmini, T. (2022). Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan UI/UX Situs Olah-Oleh TPS3R Kota Batu. Ikraith-Informatika, 7(2), 1–10.

Mariani, N. W. R., Putra, P. R. D., Devanda, P. C. L., & Sunarto, I. P. (2022). Digitalisasi Pariwisata Berbasis Website Di Desa Wisata Penglipuran Bali. Jurnal Mantik, 6(2), 2236–2244.

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2022). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1.

Putra, D. (2021). Evaluasi User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Sus (System Usbility Scale) Pada Website Pendaftaran Skripsi Universitas Muhammadiyah Magelang. Teknik Informasi, 1–25.

Ismail, A., Safaqdillah, M. A., Yusran, M., Rahian, I., Al Farid, A. F., & Ernanda, M. K. (2022). Pembuatan Website Desa Wisata Kabupaten Maros. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 3(2), 56–66.

Downloads

Published

2023-12-07

How to Cite

Subiksa, G. B., Ariawan, M. P. A. ., & Adisimakrisna, I. B. . (2023). Rekayasa dan Uji Sistem Informasi Irigasi Tradisional Bali (Subak) dengan Metode Kualitas Persepsi Pengguna Akhir. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 4(2), 67-73. https://doi.org/10.31294/reputasi.v4i2.2320