SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA PT. GARUDA INTI KARYA

Authors

  • Rizka Nadya Mawardi
  • Popon Handayani Stmik nusa mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/reputasi.v2i1.116

Abstract

Perusahaan tidak bisa lepas dari sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan bagian
paling penting dalam suatu perusahaan. Setiap perusahaan pasti menginginkan karyawan yang baik kinerjanya,
begitu pula karyawan mereka selalu ingin menjadi yang terbaik untuk perusahaannya. Untuk mendapatkan
kinerja karyawan yang diinginkan, perusahaan perlu memberikan reward kepada karyawan dengan
memberikan gelar karyawan terbaik yang setiap bulannya diperbaharui. Untuk menentukan karyawan terbaik
perusahaan harus bisa mencari kriteria-kriteria yang harus dipenuhi oleh setiap karyawan. Setiap kriteria akan
diberi nilai oleh atasan perusahaan lalu dihitung menggunakan suatu metode perhitungan yang sistematis dan
efektif agar bersifat adil untuk setiap karyawan. Pada PT. Garuda Inti Karya terdapat penentuan karyawan
terbaik yang masih bersifat manual dan belum terkomputerisasi. Karena adanya hambatan tersebut, dalam
penulisan ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari solusi terbaik agar dapat membantu PT. Garuda Inti
Karya dalam mengambil suatu keputusan karyawan terbaik didalam pekerjaannya, serta sebagai sebuah
penghargaan bagi para karyawan PT. Garuda Inti Karya menggunakan metode TOPSIS. Pada penelitian ini
digunakan 41 data karyawan dan 41 data sample dengan tingkat toleransi error sebesar 1%. Setelah dilakukan
proses perhitungan menggunakan metode TOPSIS didapatkan hasil karyawan terbaik yaitu Ikbal Apriadi
dengan nilai 0,81, Marjuki dengan nilai 0,74, Agung Priansyah dengan nilai 0,71, Mohammad Aliyuddin
Jailani dengan nilai 0,68, dan M Sopian dengan nilai 0,67

Downloads

Published

2021-06-08

How to Cite

Mawardi, R. N., & Handayani, P. . (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KARYAWAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE TOPSIS PADA PT. GARUDA INTI KARYA. Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 2(1), 1-4. https://doi.org/10.31294/reputasi.v2i1.116

Issue

Section

Articles