PERANCANGAN SISTEM APLIKASI PADA ADMINISTRASI INVENTARIS MENGGUNAKAN PHP MYSQL DI PT BANK NEGERA INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR KAS HANGLEKIR

Authors

  • agung sopian STMIK Pamitran

Keywords:

Sistem Informasi, inventoris, web

Abstract

Penelitian ini membahas perancangan dan implementasi sistem aplikasi untuk administrasi inventaris di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Kas Hanglekir. Sistem ini menggunakan teknologi PHP dan MySQL untuk memudahkan pengelolaan dan pemantauan stok barang. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan inventoris, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi risiko kehilangan barang. Berdasarkan pengamatan penulis merumuskan bahwa pendataan inventaris kantor masih dilakukan dengan cara konvensional dengan menggunakan buku manual, perhitungan stok masih secara manual, belum adanya sistem berbasis web untuk pencatataan inventoris kantor dan stock opname memakan waktu banyak di karenakan masih menggunakan cara manual.  Pengumpulan data observasi dilaksanakan terhadap staf bagian inventori dilaksanakan selama 7 hari untuk mendapatkan informasi kebutuhan yang tepat dan menyeluruh untuk perancangan aplikasi dan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall.  Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi yang dapat digunakan oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Kas Hanglekir untuk mengelola dan memantau inventory dengan lebih efektif. Penelitian ini akan membawa berbagai manfaat praktis termasuk peningkatan operasional, pengurangan risiko, pengambilan keputusan yang lebih baik, dan peningkatan pelayanan pelanggan di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Kantor Kas Hanglekir.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Inventoris, Web.

References

Mulyadi, D. (2016). Perancangan Aplikasi Manajemen Inventaris dengan PHP dan MySQL. Jurnal Sistem Informasi, 8(2), 152-162.

Raharjo, A., & Hidayat, R. (2017). Pengembangan Aplikasi Manajemen Inventaris dengan PHP dan MySQL pada PT XYZ. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 5(1), 12-20.

Susanto, B., & Wijaya, A. (2018). Implementasi Aplikasi Manajemen Inventaris Berbasis Web pada PT ABC menggunakan PHP dan MySQL. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 6(2), 112-122.

Puspa, S., & Prayitno, D. (2019). Analisis Kebutuhan Sistem Aplikasi Inventaris pada PT Bank Negara Indonesia Kantor Kas Hanglekir. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 13(1), 45-56.

Setiawan, A., & Cahyadi, R. (2020). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Inventaris pada PT Bank Negara Indonesia Kantor Kas Hanglekir menggunakan PHP dan MySQL. Jurnal Manajemen dan Informatika, 12(3), 210-223.

Garg, R., & Bansal, A. (2016). Web Application Development Using PHP and MySQL. International Journal of Computer Applications, 148(7), 31-34.

Connolly, T. M., & Begg, C. E. (2014). Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management. Pearson.

Kaur, H., & Khurana, S. (2017). Web Application Development Using PHP and MySQL. International Journal of Advanced Research in Computer Science, 8(6), 744-749.

Elmasri, R., & Navathe, S. B. (2016). Fundamentals of Database Systems. Pearson.

Zend Technologies. (2021). PHP: Hypertext Preprocessor. [Online]. Available at: https://www.php.net/

Published

2023-12-22