PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELUARAN KAS BERBASIS VISUAL BASIC.NET DI CV. FAZZA TECH MANDIRI

Authors

  • fitriani ayu STMIK Pamitran

Keywords:

pengeluaran kas, sistem informasi, visual basic.net

Abstract

Pengolahan data transaksi pengeluaran kas saat ini pada bagian pengeluaran kas CV Fazza Tech Mandiri masih dilakukan secara sederhana dengan menggunakan buku catatan manual mulai dari pembentukan, permintaan, pertanggungjawaban dan pengisian kas kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan membangun sistem pengolahan data transaksi yang lebih terorganisir agar data yang disajikan baik dan  keamanannya dapat terjamin. Pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan observasi terhadap 2 orang staf bagian pengeluaran kas, 1 orang supervisor dan 1 orang manajer setelah itu melakukan wawancara yang dilaksanakan selama 3 hari dalam mencari informasi  kebutuhan yang terfokus pada aplikasi yang akan dibangun di CV. Fazza Tech Mandiri. sementara penulis juga melakukan studi pustaka untuk mendukung teori yang dibutuhkan dalam penyusunan jurnal ilmiah. Perancangan sistem informasi pengeluaran kas berbasis Visual Basic.Net ini diharapkan dapat memberikan solusi untuk mempermudah mengelola transaksi pengeluaran kas. Aplikasi ini terdapat menu simpan, menu review laporan harian, mingguan, bulanan, menu cetak dan menu email dengan sistem yang terkomputerisasi agar tercapainya tujuan organisasi.

 

References

Aisyah, Nur. (2017). Sistem Pengendalian Internal Atas Fungsi Penerimaan Kas Dan Pengeluaran Kas Pada P.T. Sarana Hachery Abadi”, Jurnal Economix Volume 5 Nomor 1.

Indah Ratnaningsih, Kadek. (2014). Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi,Partisipasi Manajemen, Dan Pengetahuan Manajer Akuntansi PadaEfektivitas Sistem Informasi Akuntansi, EJurnal Akuntansi UniversitasUdayana, Vol.6.1

Reeve, James M, et al (2016). Pengantar Akuntansi – Adaptasi Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.

Kabuhung, M. (2013). Sistem informasi akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas untuk perencanaan dan pengendalian keuangan pada Organisasi nirlaba keagamaan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Lamangga, M. I. (2016). Akuntansi Pencatatan Dan Penyajian Atas Transaksi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada PT. Gowa Istana Motor Manado (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Manado).

Madeyi, V. (2019). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Dari Piutang Pada PT. Sarinah (Persero). Fakultas Ekonomi.

Manoppo, R. M. (2013). Analisis Sistem Pengendalian Intern Penerimaan dan Pengeluaran Kas pada PT. Sinar Galesong Prima Cabang Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Mubarok, A., & Hadianti, S. (2016). Perancangan Program Transaksi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Berbasis Web. Jurnal Informatika, 3(1).

Syafrial, S. (2012). Analisis Metode Pencatatan Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Lemabang Palembang.

Yuliati, A. (2015). Evaluasi Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas (Studi pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KP-RI) Harapan Plumpang-Tuban). Jurnal Administrasi Bisnis, 19(2).

Published

2023-12-22