Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Simpan Pinjam Pada Koperasi SMK Mandalla Entrepreneur School

Authors

  • ade yusup universitas bina sarana informatika
  • Nawa Hayu Mara Rian Universitas Bina Sarana Informatika
  • Mohammad Firas Akbar Universitas Bina Sarana Informatika
  • Kunaepi Kunaepi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/profitabilitas.v2i2.1687

Keywords:

Accounting Information Systems, Cooperatives, Savings and Loans.

Abstract

Abstrak  - Perkembangan era digital mendorong banyak proses dalam perusahaan dan lembaga untuk beralih ke penggunaan sistem informasi. kondisi ini terjadi karena TIK dapat berkolaborasi dengan banyak bidang pengetahuan. Salah satu implementasi sistem informasi dalam membantu pekerjaan adalah pada koperasi simpan pinjam. SMK Mandalla Entrepreneur School merupakan sekolah menengah kejuruan yang berada di Kabupaten Karawang. Adapun sistem berjalan yang ada di Koperasi SMK SMK Mandalla Entrepreneur School meliputi dari prosedur pendaftaran anggota, simpanan dan angsuran pinjaman, pengajuan pinjaman, dan pembuatan laporan. Proses pengarsipan data dan laporan simpan pinjam masih menggunakan sistem secara manual yang disimpan dalam bentuk dokumen tertulis, dapat memungkinkan kehilangan arsip atau rusaknya arsip. Fokus tujuan koperasi ini membutuhkan sistem yang dapat mengelola data anggota dan transaksi simpan pinjam. Namun jumlah anggota koperasi yang besar belum diimbangi dengan sistem pengelolaan yang memudahkan penginputan data, pembuatan laporan sampai dengan organisir dan pengarsipan data. Maka untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan diatas pihak koperasi perlu membangun suatu sistem yang baru. Dimana dengan perancangan aplikasi, koperasi ini dapat membantu untuk meningkatkan kinerja bagian administrasi dalam melakukan proses transaksi. Hasil dari penelitian ini penerapan sistem simpan pinjam secara terkomputerisasi pada Koperasi Simpan Pinjam SMK Mandalla School  berbasis bahasa pemrograman Web Application pada aplikasi NetBeans IDE 8.1 dapat meminimalisir kesalahan pada saat memasukkan data dalam proses simpan pinjam, serta memberikan informasi yang cepat, tepat dan akurat. Sehingga dapat mempermudah kinerja pengurus koperasi dalam pengolahan data yang semakin hari terus bertambah seiring dengan penambahan jumlah anggota yang melakukan pinjaman pada Unit Simpan Pinjam.

References

Hidayati, N. (2018). Penggunaan Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Program Simpan Pinjam Pada Koperasi. Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Dan Penerapan Sistem Informasi, 2(2).

Lukman, A. M., Kristania, Y. M., Maryani, I., & Sipayung, E. B. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Simpan Pinjam Studi Kasus: KSP Berkah Dana Mandiraja. Jurnal Media Aplikom, 1(1), 32.

Nabiilah, Anugerah, M. R., Nazira, N., Al-Qadr, N. A., & Nurazizah. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Koperasi Simpan Pinjam: Design and Development of Savings and Loans Cooperative Information System. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 230–239.

Normah, Rifai, B., Vambudi, S., & Maulana, R. (2022). Analisa Sentimen Perkembangan Vtuber Dengan Metode Support Vector Machine Berbasis SMOTE. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, 8(2), 174–180. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Rumetna, M. S., Lina, T. N., & Santoso, A. B. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Menggunakan Metode Research and Development. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 11(1), 119–128. https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3731

Rusdi, I., Mulyani, A. S., Telaumbanua, D. W., & Wardani, R. K. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Simpan Pinjam Berbasis Web Pada Koperasi Unit Desa Soliamitra Depok. INTI Nusa Mandiri, 14(2), 211–218. https://doi.org/10.33480/inti.v14i2.1232

Supriatna, A. D., Septiana, Y., & Renaldi, T. A. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Keuangan pada Koperasi Pengayoman Intan Lapas Garut Berbasis Web. Jurnal Algoritma, 19(2), 738–746.

Downloads

Published

2023-01-26