KOMUNIKASI PEMASARAN KOGURA COFFEE DALAM MENINGKATKAN KEPUASAAN DI MEDIA SOSIAL

Authors

  • muhammad zhaky saputro mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.31294/pariwara.v3i2.2795

Keywords:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Kepuasan Konsumen , Loyalitas Konsumen

Abstract

Kogura Coffee adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa layanan, yaitu coffee shop. Produksinya tidak menciptakan barang tetapi menjual produk kopi dan snack kepada konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemilik Koguran Coffee dan pengunjung yang pernah membeli produk Kogura Coffee. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Kogura Coffee dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen dengan melakukan promosi melalui pelanggan public figur yang datang kemudian di post melalui akun sosial media (Instagram), dan melakukan interaksi aktif kepada konsumen. Kogura Coffee juga mengikut trend dalam menarik konsumen, sehingga konsumen merasa puas dan nyaman

Kata kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

References

Pustaka et al., 2004)Agustina, F. I. (2020). Pengaruh Persepsi Nilai dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Alfamart di Kota Mataram. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Alfani, M. H. (2018). Analisis Pengaruh Quality of Work Life (Qwl) Terhadap Kinerja Dan Kepuasan Kerja Karyawan Pt. Bank Bri Syariah Cabang Pekanbaru. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.25299/jtb.2018.vol1(1).2039

Astuti, A. P., Nurmalita, A., & Doni, rohma F. (2014). Teknologi komunikasi dan perilaku remaja. Jurnal Analisa Sosiologi, 3(1), 91–111.

Colmekcioglu, N., & Okumus, F. (2022). Islamic Marketing. Encyclopedia of Tourism Management and Marketing, 6(14), 1–21. https://doi.org/10.4337/9781800377486.islamic.marketing

Ekonomi F., & Manajemen, J. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Air Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1658–1667. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20411

Fagita, A. R., & Sudrajat, R. H. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran ChatAja Messenger (PT. Telekomunikasi Indonesia) di Media Sosial. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 13–22. http://www.jurnalumbuton.ac.id/index.php/Medialog/article/view/1052

Fardhani, R. N. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Untuk Menarik Minat Beli Produk Umkm Camilan Seblak Pedas Ceria Di Desa Bono Sedati Gede. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/

Harnita, A., Kambolong, M., & Yusuf, M. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Horison Kendari. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 302. https://doi.org/10.52423/bujab.v1i2.9562

Jannah, U., & Moh. Moefad, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Baru Setigi di Gresik Jawa Timur. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 114–129. https://doi.org/10.15642/jik.2019.9.2.114-129

Jaya, S. (2021). Strategi Membangun Komunikasi yang Efektif untuk Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah. Pendidikan, 10(2), 20–36.

Kartini, I., Wibowo, E. W., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Berdampak Loyalitas Dalam Berbelanja Online Pada Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(1), 57. https://doi.org/10.34127/jrlab.v10i1.423

Loi, O., & Yudhira, A. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Konsumen PT. Exzer Amsal Mandiri. Journal Economics and Strategy, 3(2), 12–24. https://doi.org/10.36490/jes.v3i2.310

Downloads

Published

2023-07-30