Makna Pesan Karikatur Dalam Media Sosial Facebook

Authors

  • sultanhimawan UBSI Fakultas Komunikasi dan Bahasa

DOI:

https://doi.org/10.31294/pariwara.v2i2.1321

Abstract

Media sosial sangatlah banyak digandurungi oleh semua lapisan baik tua ataupun muda, media platform pun bersaing inovasi memberikan kenyaman dan kemudahan fitur yang dapat diakses semua lapisan tersebut. pengguna media sosial dapat berekspresi menuangkan pemikiran serta gagasannya melalui sebuah postingan dengan harapan dapat menjadi pembahasan di masyarakat luas, namun bahayanya tanpa adanya filter dari media sosial itu sendiri sehingga mengalami multitafsir dalam memaknainya. Penulis mencoba melakukan penelitian berhubungan dengan media sosial yang menjadi sorotan saat ini yaitu karikatur politik untuk mengetahui apa makna kaitan makna yang tersirat dalam sebuah karikatur tersebut dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan memahami makna simbol dan lambang.

References

Aziz Reza Andisa, A. N. (2020). ANALISIS MEDIA SOSIAL TWITTER SARANA PENDIDIKAN DI INDONESIA STUDI KASUS RUANG GURU. JURNAL TATA SEJUTA STIA MATARAM, 6 No. 2.

Darmawan, F. (2016). MODALITAS VISUAL KARTUNIS DALAM KARTUN POLITIK ONLINE PASCA REFORMASI. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 13(1), 109–122.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial. Media Sosial. Simbiosa Rekatama.

Suwarno, S. (2014). REPRESENTASI MAKNA VISUAL POSTER FILM RELIGIUS (Studi Semiotika Poster Charles S. Pierce Pada Film 99 Cahaya di Langit Eropa). Communication, 5 vol 2.

M. Ivan Mahdi. 2022. "Pengguna Media Sosial Di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022". Dataindonesia.id Diakses 27 Juni 2022 dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022.

Downloads

Published

2022-07-31