Perubahan Perilaku Konsumen pada Fenomena Kelangkaan Minyak Goreng di Pasaran
DOI:
https://doi.org/10.31294/pariwara.v2i2.1295Abstract
Fenomena kelangkaan minyak goreng terjadi di Indonesia setelah diterapkannya kebijakan pemerintah untuk menangani masalah kenaikan harga minyak goreng di pasaran. Â Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan perubahan perilaku masyarakat sebagai konsumen minyak goreng pada fenomena kelangkaan produk minyak goreng. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menghasilkan temuan bahwa selama situasi kelangkaan minyak goreng terjadi, masyarakat sebagai konsumen minyak goreng merubah perilakunya khususnya dalam kegiatan pencarian, pembelian, penggunaan dan aktifitas membuang minyak goreng setelah pemakaian produk minyak goreng. Terdapat peningkatan pada kegiatan mencari dan membeli pada saat terjadi kelangkaan produk minyak goreng, sedangkan untuk kegiatan masyarakat menggunakan dan membuang produk minyak goreng semakin menurun.
References
Cholilawati, D. S. (2021). Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi COVID-19. Pendidikan, IX(April 2020), 03. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/4316.
Corruption Watch, Indonesia. (2022). Kelangkaan Minyak Goreng: Sesat Kebijakan Menyengsarakan Rakyat, Menguntungkan Korporasi Sawit. https://antikorupsi.org/id/article/kelangkaan-minyak-goreng.
Nasution, A. (2022). Panic Buying Masyarakat Terhadap Kenaikan Harga Dan Kelangkaan Minyak Goreng Di Kota Medan Denai. Jurnal Bisnis Corporate, 6(2), 113–12di. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i2.1845.
Nurmalia, A., & Handono, W. (2019). Analisis Partisipasi Dan Persepsi Masyarakat Petani Terhadap Restorasi Dan Preservasi Hutan. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 18(2), 305–312. https://doi.org/10.31186/jagrisep.18.2.305-312.
Pitoewas, B. (2018). Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Sikap Remaja Terhadap Perubahan Tata Nilai. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 8–18. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n1.2018.pp8-18.
Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior (Edisi 11 Global Edition). England: Pearson Education Limited.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Arina Muntazaah, Rindana Intan Emeilia, Novalia Novalia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.