Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Makanan AYCE

Authors

  • Tuty Mutiah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Irfan Fauzi Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31294/pariwara.v2i2.1031

Keywords:

Promosi, harga, keputusan pembelian, konsep Restoran AYCE

Abstract

Rumah makan berkonsep All You Can Eat (AYCE) dimana konsumen dapat memilih makanan sepuasnya serta mengambil semua makanan yang diinginkan. Kuliner saat ini sudah sangat berkembang terlebih konsep AYCE dengan melihat gaya hidup masyarakat saat ini terutama daerah bekasi jatiwaringin dimana sepanjang jalan raya jatiwaringin banyak sekali kuliner mulai dari jajan pasar, minuman, makanan siap saji hingga saat itu dengan konsep AYCE. Masyarakat jatiwaringin terbilang cenderung makan di luar rumah ini lah yang menjadikan masyarakat berpola hidup praktis dengan mengonsumsi makanan dan minuman jadi. Konsep restoran AYCE menjadi fokus pada penelitian ini, khususnya di wilayah Jatiwaringin Pondok Gede Bekasi. Penelitian ini berujuan untuk menganalisis seberapa pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian di restoran dengan konsep AYCE yang terletak di Jatiwaringin Pondok Gede Bekasi. Metode deskriptif dalam penelitian ini sebagai sampel sebanyak 120 responden. Serta menggunakan google forms kemudian diolah dengan software SPSS 22 menggunakan ekonometrika dengan model Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan variabel promosi dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pembelian makanan di restoran dengan konsep AYCE di Jatiwaringin Pondok Gede Bekasi.

References

Aristo.S.F., (2016). Pengaruh Produk,Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips. Jurnal Performa, Vol.01.No.4.

Buchari Alma., (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Gitosudarmo, Indriyo., (2009). Manajemen Operasi. Edisi Ke-3. Yogykarta: BPFE-Yogyakarta.

Ghozali, Imam., (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller., (2019). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid

Kwong, L., (2017). Hotel & Business Management The Role of Servicescape in Hotel Buffet Restaurant. Journal of Hotel & Business Management, 6(1), 1– 8. https://doi.org/10.4172/2169-0286.1000152

Ramanathan, R., Di, Y., & Ramanathan, U., (2016). Moderating roles of customer characteristics on the link between service factors and satisfaction in a buffet restaurant. Benchmarking. https://doi.org/10.1108/BIJ-01-2015-0012

Sugiyono., (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono., (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Tjiptono, Fandy., (2014). Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Wijaya., (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Harrisma Informatika Jaya. Binus University, Jakarta, Indonesia, 11480.

Dataindustri.com diolah kembali oleh peneliti (2020)

Downloads

Published

2022-07-20