Pengalaman Pengguna Aplikasi DANA Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)
Keywords:
Application, Fintech, UEQ Method, User SatisfactionAbstract
Aplikasi dompet digital DANA adalah sebuah aplikasi yang menggabungkan teknologi dengan keuangan atau perbankan yang disebut sebagai fintech (financial technology). Aplikasi tersebut dapat memudahkan pengguna dalam melakukan proses pembayaran secara non-tunai. Dengan popularitas yang dimiliki aplikasi DANA, membuat aplikasi tersebut menduduki peringkat kedua sebagai pengguna dompet digital terbanyak di Indonesia. Metode pengumpulan data dalam penyusunan Skripsi ini adalah metode observasi, studi pustaka, dan kuesioner dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dikarenakan hasil penelitian tersebut dapat berupa data statistik dan menggunakan teknik sampel yaitu purposive sampling dalam menentukan kriteria sampel pada Skripsi ini. Metode User Experience Questionnaire digunakan sebagai metode untuk melakukan analisis pengalaman pengguna pada penelitian ini. Dengan melakukan penilaian pada skala daya tarik (attractiveness), efisiensi (efficiency), kejelasan (perspicuity), ketepatan (dependability), stimulasi (stimulation), dan kebaruan (novelty). Dengan dilakukannya analisis pengalaman pengguna pada aplikasi dompet digital DANA ditemukan bahwa rata-rata responden menilai aplikasi tersebut secara positif dengan nilai Mean >0,8 pada semua skala penilaian pada metode UEQ.
The DANA digital wallet application is an app that combines technology with finance or banking,known as fintech(financial technology). This application facilitates users in conducting cashless payment processes. Due to itspopularity, the DANA application ranks second in terms of the number of digital wallet users in Indonesia. Thedata collection methods for this thesis include observation, literature study, and questionnaires using a quantitative research method, as the research results can be statistical data. The sampling technique used is purposive sampling to determine the sample criteria for this thesis. The User Experience Questionnaire (UEQ) method is used to analyze user experience in this research by evaluating the scales of attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation, and novelty. The analysis of user experience for the DANA digital wallet application shows that the average respondent rated the application positively, with a mean score greater than 0.8 on all scales of the UEQ method.
References
Aulia, E. (2024). ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI TWITTER MENGGUNAKAN METODE USER
EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ) (Vol. 3, Issue 1). https://www.ueq-online.org/.
Dewi, N. K., Harira Irawan, B., Fitry, E., & Putra, A. S. (2021). Konsep Aplikasi E-Dakwah Untuk Generasi
Milenial Jakarta.
Fajar Ramadhan, A. D. P. A. S. A. (2021). APLIKASI PENGENALAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BERBASIS.
Feriano, D., Oktadini, N. R., Meiriza, A., Sevtiyuni, E., & Putra, P. (2023). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan
Komputer Analisis User Experience Aplikasi Disney+ Hotstar dengan Menggunakan Metode User
Experience Questionnaire (UEQ). Media Online, 4(3), 1641–1650. https://doi.org/10.30865/klik.v4i3.1470
Herawati, N. T., Kurniawan, P. S., Sujana, E., Dewi, P. E. D. M., & Dewi, L. G. K. (2019). Pemanfaatan Financial
Technology Dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Dan Kecil. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada
Masyarakat, 2(2), 179–186. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.281
Hissi Heryanti, A. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi Dana terhadap Kepuasan Pelanggan dalam
Melakukan Transaksi Secara Online sebagai Alat Pembayaran Elektronik (E-Payment). Journal on
Education, 05(03), 8080–8096.
Nugrahani, F., & Imron, A. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE “SPSS” DALAM
MEMBANTU MENGOLAH DATA KUANTITATIF PADA MAHASISWA SEMESTER AKHIR. 1, 39.
https://doi.org/10.36908/akm.v2i
Puspa, S. D., Riyono, J., & Puspitasari, F. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Konsep
Matematis Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.
Ramlah. (2021). Penerapan Fintech ( Financial Technologi ) Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk KCP
Slamet Riyadi Makassar. 1(4). http://www.internetworldstats.com/top20.htm
Rio Sasongko, S. (2021). FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN
(LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 3(1). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1
Yessica, Y., & Sutanto, E. M. (2020). Faktor yang mempengaruhi pemilihan aplikasi pembayaran seluler. Journal
of Business and Banking, 10(1), 53. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2139
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dikri Aziz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.