Peran Komunikasi Interpersonal Antara Trainer Dan Member Fatlossrepublic Dalam Membentuk Motivasi Pola Hidup Sehat
Keywords:
Komunikasi Interpersonal, Trainer, Motivasi, Pola Hidup SehatAbstract
Penelitian ini berjudul “Peran Komunikasi Interpersonal Antara Trainer Dan Member Fatlossrepublic Dalam Membentuk Motivasi Pola Hidup Sehat” Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi interpersonal antara trainer dan member dalam membangun motivasi pola hidup sehat di Studio Fatlossrepublic. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ialah masing-masing 2 trainer dan 3 member. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara trainer dan member di Studio Fatlossrepublic memainkan peran penting dalam membangun motivasi pola hidup sehat. Peran ini terwujud melalui penerapan teori humanistik menurut A. DeVito, yang menekankan pada lima unsur: keterbukaan, empati, sikap positif, dukungan, dan kesetaraan. Penerapan unsur-unsur teori humanistik ini terbukti efektif dalam membangun motivasi pola hidup sehat di Studio Fatlossrepublic. Hal ini terlihat dari peningkatan pemahaman, komitmen, dan rasa percaya diri member dalam menjalani pola hidup sehat. Kesimpulannya, komunikasi interpersonal berbasis humanistik merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan motivasi pola hidup sehat. Studio Fatlossrepublic dapat menjadi contoh bagi komunitas lain yang ingin membantu individu mencapai tujuan pola hidup sehat.
This research is entitled “The Role of Interpersonal Communication Between Trainers and Fatlossrepublic Members in Shaping Healthy Lifestyle Motivation” This research aims to analyze the role of interpersonal communication between trainers and members in building healthy lifestyle motivation at Fatlossrepublic Studio. This research uses a qualitative approach with a case study method and data collection techniques through in-depth interviews, observation and documentation. The research subjects were 2 trainers and 3 members each. The results showed that interpersonal communication between trainers and members at Studio Fatlossrepublic played an important role in building healthy lifestyle motivation. This role is realized through the application of humanistic theory according to A. DeVito, which emphasizes five elements: openness, empathy, positive attitude, support, and equality. The application of these elements of humanistic theory proved effective in building motivation for a healthy lifestyle at Fatlossrepublic Studio. This can be seen from the increased understanding, commitment, and confidence of members in living a healthy lifestyle. In conclusion, humanistic-based interpersonal communication is an effective strategy to increase healthy lifestyle motivation. Studio Fatlossrepublic can be an example for other communities that want to help individuals achieve healthy lifestyle goals.
References
G. H. Gunawan dan W. P. Sari, “Marketing Communications During the 2020 Pandemic,” Proc. Int. Conf. Econ. Business, Soc. Humanit. (ICEBSH 2021), vol. 570, no. Icebsh, hal. 685–690, 2021, doi: 10.2991/assehr.k.210805.108.
R. Suraya, A. S. V. Nababan, A. Siagian, dan Z. Lubis, “Pengaruh Konsumsi Makanan Jajanan, Aktivitas Fisik, Screen Time, dan Durasi Tidur Terhadap Obesitas Pada Remaja,” J. Dunia Gizi, vol. 3, no. 2, hal. 80–87, 2021, doi: 10.33085/jdg.v3i2.4732.
FatlossRepublic, “Studio FatlossRepublic,” FatlossRepublic. [Daring]. Tersedia pada: https://www.fatlossrepublic.com
R. Safarudin, M. Kustati, dan N. Sepriyanti, “Penelitian Kualitatif,” vol. 3, hal. 9680–9694, 2023.
S. & A. D. S. A. Yudo Tri Artanto, PENGANTAR METODE PENELITIAN KUALITATIF ILMU KOMUNIKASI. Yogjakarta: Deepublish Publisher, 2023.
C. Anggraini, D. H. Ritonga, L. Kristina, M. Syam, dan W. Kustiawan, “Komunikasi Interpersonal,” J. Multidisiplin Dehasen, vol. 1, no. 3, hal. 337–342, 2022, doi: 10.37676/mude.v1i3.2611.
M. M. Tujarah, “Model Komunikasi Humanistik Pengasuh Dalam Pembinaan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Jabal Nur
Kandis,” no. 5912, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://repository.uin-suska.ac.id/73292/%0Ahttp://repository.uin-suska.ac.id/73292/1/SKRIPSI GABUNGAN.pdf
Triyanto, Lusiana, dan Y. Purnama, “Analisis Profesional Personal Trainer di Fitness Center Hotel Kota Semarang Tengah,” J. Educ. Sport, vol. 2, no. 1, hal. 20–27, 2021.
M. Agung, K. Adi, S. Purwanti, J. Farih, J. Alfando, dan W. Sucipta, “Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai Kopi Chathiy . Id
Melalui Member Card Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan,” vol. 12, no. 3, hal. 78–87, 2024, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2024/03/ejurnal Muhmad Agung Krisna Adi 2024 (03-21-24-01-27-14).pdf
R. Poppy, Komunikasi Organisasi. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Laela Pitriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.