Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Masa Libur Hari Raya
Keywords:
strategi pemasaran, volume penjualan, masa libur hari rayaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. Sukses Bajaraya Abadi dalam meningkatkan volume penjualan selama masa libur hari raya. PT. Sukses Bajaraya Abadi adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan berbagai macam bahan bangunan dan logam. Pada tahun 2021 dan 2022, perusahaan mengalami penurunan omzet selama masa libur hari raya. Namun, pada tahun 2023, perusahaan berhasil mencapai kestabilan omzet dengan menerapkan strategi pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Metodologi penelitian meliputi pengumpulan data melalui wawancara dan analisis laporan penjualan, serta analisis deskriptif terhadap penerapan strategi pemasaran 4P. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diversifikasi produk, penetapan harga yang kompetitif, distribusi yang efektif, dan promosi yang agresif berhasil meningkatkan volume penjualan dan menstabilkan omzet selama masa libur hari raya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran yang tepat dapat mengatasi tantangan penurunan penjualan selama masa libur dan meningkatkan performa bisnis secara keseluruhan.
This study aims to analyze the marketing strategy implemented by PT. Bajaraya Abadi's success in increasing sales volume during the holiday period. PT. Sukses Bajaraya Abadi is a company engaged in trading various kinds of building materials and metals. In 2021 and 2022, the company experienced a decrease in turnover during the holiday period. However, in 2023, the company managed to achieve turnover stability by implementing a 4P marketing strategy (Product, Price, Place, Promotion). The research methodology includes data collection through interviews and analysis of sales reports, as well as descriptive analysis of the implementation of the 4P marketing strategy. The results show that product diversification, competitive pricing, effective distribution, and aggressive promotions have succeeded in increasing sales volume and stabilizing turnover during the holiday period. The study concluded that the right marketing strategy can overcome the challenges of declining sales during the holiday period and improve overall business performance.
References
Diversitas, J. M., Sekianti, A., Saepullah, A., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Jayabaya, U. (2023). 53 https://ejournal-jayabaya.id/Manajemen-Diversitas ANALISIS PENGARUH TENAGA PENJUAL (SALES FORCE) TERHADAP VOLUME PENJUALAN POLIS ASURANSI PRUDENTIAL PADA PT. INFINITEAM INDONESIA DI JAKARTA. 3(1), 53–76. https://ejournal-jayabaya.id/Manajemen-Diversitas
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). "Marketing Management" (15th Edition). Pearson.
Lamb, Charles W., Hair, Joseph F., & McDaniel, Carl. (2018). "Marketing" (13th Edition). Cengage Learning.
Mekel, R. P., Worang, F. G., & Arie, F. V. (2022). Oleh. In 1390 Jurnal EMBA (Vol. 10).
Nisa Widhawati, D. (2023). Efektifitas Strategi Pemasaran Kopi Luwak Arabika “Rollaas” Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Rolas Nusantara Mandiri-Surabaya Achmad Daengs GS Universitas 45 Surabaya. 2(4), 343–363. https://doi.org/10.30640/digital.v2i4.2001
Novita Sari, T., Ernestivita, G., Nusantara PGRI Kediri, U., Ahmad Dahlan No, J. K., Kediri, K., Timur, J., & Artikel, I. (2050). Simposium Manajemen dan Bisnis II Program Studi Manajemen-FEB UNP Kediri IMPLEMENTASI DIRECT SELLING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN SPJ COLLECTION UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Vol. 2).
Ramadhan, H., Gunawan, C., Taslim, M., Sukabumi, K., & Barat, J. (n.d.). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Krispy Yammy Babeh. WINTER JOURNAL, 1(2).
Rezeki Amalia, N., Rezeki Amalia Manajemen, N., Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin, U., & Kadir Manajemen, A. (n.d.). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Bree Sweetandfreeze Banjarmasin (Menggunakan Analisis SWOT) Farida Yulianti.
Strategi, A., Terhadap, P., Penjualan, P., Saleh, A., Fakultas Ekonomi, S., Bisnis, D., Bisnis, T., Muhammadiyah, K., & Barat, M. (2023). Licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. JIBEMA: Jurnal Ilmu Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 1(2), 87–100. https://doi.org/10.62421/jibema.v1i1.56
Strategis Pemasaran Sebagai Keunggulan Dalam Persaingan Nasional, P., Rahmadina, Z., Ade Mayvita, P., & Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, U. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Tahun 2023 (SENASEKON 2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PADA TOKO RAHMAT ROKOK TANJUNG.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Mutiara Safitri, Novia Devi Wijayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.