SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PEMILIHAN ONLINE SHOP DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS

Penulis

  • Mega Primandari Rimba Berlian Universitas Nusa Mandiri
  • Abdul Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31294/larik.v1i2.773

Kata Kunci:

Metode Analytical Hierarchy Process, Pemilihan Online Shop, Sistem Penunjang Keputusan

Abstrak

Online Shop salah satu media komunikasi serta perdagangan secara elektronik (e-commerce). Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen. Banyaknya online shop di aplikasi terkadang membuat calon customer merasa bimbang saat memilih online shop yang sesuai keinginannya dan konsumen akan mencari review di internet atau bertanya kepada teman-temannya. Tujuan pada penelitian ini untuk meneliti aplikasi online shop manakah yang paling diminati oleh masyarakat. Dengan hal tersebut penelitian ini menerapkan Sistem Penunjang Keputusan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam memilih aplikasi online shop. Hasil dari perhitungan pada penelitian adalah perankingan nilai tertinggi yang merupakan hasil yang dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan oleh pengguna untuk menentukan pemilihan aplikasi online shop. Pada penelitian pemilihan aplikasi online shop ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi online shop yang paling diminati adalah Shopee dengan nilai yang didapat melalui perhitungan yaitu 0,48 atau 48%, Lazada dengan 19%, lalu ada Tokopedia 17%, kemudian ada Blibli dengan perolehan 9%, dan terakhir ada Bukalapak dengan perolehan 7%.

Referensi

D. A. Harahap, “Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus,” JRMSI - J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 9, no. 2, pp. 193–213, 2018.

F. Istanti, “Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Berbelanja dan E-promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja Online di Kota Surabaya,” J. Bisnis Teknol. Politek., vol. 4, no. 1, pp. 14–22, 2017.

N. K. D. A. Agustini, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012,” J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 9, no. 1, p. 127, 2017.

D. Solihin, “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening,” vol. 4, no. 1, pp. 26–37, 2020.

R. Anggraeni, “10 Toko Online Paling Banyak Dikunjungi di Januari 2021,” IDXChannel, 2021. [Online]. Available: https://www.idxchannel.com/economics/10-toko-online-paling-banyak-dikunjungi-di-januari-2021. [Accessed: 26-Feb-2021].

F. Frieyadie and S. M. Ramadhan, “Penerapan Metode AHP Untuk Membantu Siswa Memilih Jurusan Yang Tepat Di SMK,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 3, pp. 662–667, 2018.

R. Sundari, M. Safii, D. Hartama, and Poningsih, “Optimasi Metode Ahp Dalam Menentukan Media Promosi Bagi Mahasiswa Baru Pada Stikom Tunas Bangsa,” Konf. Nas. Teknol. Inf. dan Komput., vol. I, pp. 322–328, 2017.

R. Linardi, “Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Online Shop Rl _ Watch,” vol. 7, no. 1, p. 5, 2019.

P. Borda, “Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Dalam Pemilihan Saham Indeks LQ 45 Menggunakan Metode,” vol. 1, no. 1, pp. 25–34, 2018.

E. Sofiah and Y. Septiana, “Sistem Pendukung Keputusan,” Sist. PENDUKUNG KEPUTUSAN FEASIBILITY STUDY UNTUK MENILAI KELAYAKAN SEBUAH BISNIS, vol. 8, no. 1, pp. 1–7, 2017.

A. Ridlan, “Penggunaan SistemPendukung Keputusan dengan Menggunakan Metode Analytical Hirarchy Process (AHP) dalam Menyeleksi Kelayakan Penerima Beasiswa,” METIK J., vol. 2, no. 1, pp. 28–33, 2018.

B. L. Golden and E. A. Wasil, The Analytic Hierarchy Process Applications and Studies With. 1989.

A. Yuliarifin, “Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Dealer Kembang Jawa Motor Trenggalek Dengan Metode Analythical Hierarchy Process ( Ahp ) Berbasis Web,” vol. 3, no. 1, pp. 17–23, 2019.

J. Astuti and E. Fatma, “Evaluasi Pemilihan Penyedia Jasa Kurir Berdasarkan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp),” J. Manaj. Ind. Dan Logistik, vol. 1, no. 1, p. 28, 2017.

M. I. Dzulhaq, A. Sidik, and D. A. Ulhaq, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Membandingkan Marketplace Terbaik Dengan Menggunakan Metode AHP Dan AHP,” Acad. J. Comput. Sci. Res., vol. 1, no. 1, pp. 13–22, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-01

Terbitan

Bagian

Artikel